ArenaLTE.com – Nama GoPro mungkin sudah menjadi brand paling populer untuk kelas action camera. Namun baru-baru ini banyak vendor yang mulai mencoba ikut terjun di pasar action camera termasuk para vendor smartphone yang meluncurkan action camera buatan mereka untuk ikut menyerang pangsa pasar yang dikuasi oleh GoPro. Bahkan LG yang sudah memiliki produk kamera 360 CAM 360 kini juga ikutan terjun di action camera membawa nama LG Action Cam LTE yang mampu terkoneksi langsung dengan jaringan 4G LTE bahkan tanpa bantuan smartphone.

Perangkat action camera lainnya juga mampu melakukan live streaming namum membutuhkan perangkat lain sebagai sumer utama koneksi internet. Ada beberapa kendala yang dialami ketika menggunakan dua perangkat sekaligus untuk live streaming video, salah satunya yaitu kedua perangat harus selalu berdekatan. Lalu kendala lain adalah kualitas koneksi internet secara otomatis akan terganggu pada satu perangkat ketika beraktifitas dengan salah satu perangkat lainnya. Dan tentu saja akan lebih banyak menguras konsumsi baterai di kedua pernagkat tersebut.

Sesuai dengan namanya, LG Action Cam LTE bisa dibilang menjadi action camera pertama yang memiliki chip LTE didalamnya, bahkan GoPro belum memilikinya. Dengan kemampuan ini, pengguna LG Action Cam LTE bisa langsung melakukan live streaming melalui youtube atau layanan lainnya tanpa bantuan perangkat lain untuk koneksi internet.

LG Action Cam LTEBerkaca dari pengalaman vendor lain yang mengalami tantangan berat harus bersaing dengan GoPro, LG Action Cam LTE ini memiliki senjata khusus yang memiliki potensi lebih. Dengan meningkatnya tren aktivitas live streaming sepertinya LG Action Cam LTE memiliki peluang besar. Bahkan dengan kemampun koneksi 4G LTE yang dimiliki secara independen didalamnya akan membuka kesempatan bagi action camera ini untuk dimanfaatkan lebih dari sekedar aktifitas outdoor biasa, misalnya bisa dimanfaatkan sebagai real-time security camera.

Dari sisi spesifikasi, LG Action Cam LTE ini memiliki kamera berkekuatan 12.3 megapixel dengan lensa sudut lebar 150 derajat. Kamera ini memiliki kemampuan dukungan koneksi jaringan 4G LTE dan 3G bahkan mendukung koneksi Wi-Fi, USB, dan Bluetooth untuk kebutuhan lainnya. LG Action Cam LTE dilengkapi RAM 2GB dan ROM 4 GB keduanya hanya digunakan oleh sistem operasi kamera.

Untuk penyimpanan data storage, kita bisa memanfaatkan slot memori eksternal yang mampu mendukung MicroSD hinga lebih dari 2 TerraByte (saat ini maksimal MicroSD baru 256 GB). Kamera ini juga dilengkapi dengan kekuatan baterai 1,400 mAh, dan memiliki daya tahan air dan debu dengan IP67, seperti action camera lainnya tentu saja dilengkapi dengan dukungan GPS dan sensor gerakan.

LG Action Cam LTE