ArenaLTE.com – 7 Januari 2016 bakal menjadi tanggal yang penting bagi eksistensi Lenovo dan Google. Pasalnya kedua raksasa teknologi ini merencanakan untuk mengumumkan tentang proyek kerjasama dalam payung Project Tango.

Dikutip dari Ubergizmo.com (3/1/2016), pihak Lenovo telah mengirimkan undangan kepada awak media. Dalam undangan tersebut, disebutkan bahwa Lenovo dan Google akan menunjukkan “visi yang sama untuk membangun masa depan yang baru.” Sayangnya, belum banyak informasi yang diketahui mengenai acara ini atau produk apa yang hendak diperkenalkan dalam acara ini.

“Perangkat mobile seharusnya dapat melihat dan menavigasikan dunia, sama seperti kita, manusia. Datanglah ke acara Project Tango, kolaborasi Lenovo dan Google untuk melihat sebuah pengumumkan istimewa,” tertulis pada undangan untuk acara ini.

Project Tango adalah sebuah teknologi baru yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan smartphone dan tablet untuk mendeteksi posisi mereka di lingkungan sekitar mereka. Pendeteksian ini dapat dilakukan tanpa penggunaan GPS (Global Positioning System) atau sinyal eksternal lainnya. Project Tango juga memungkinkan sebuah aplikasi untuk mendeteksi lokasi sebuah perangkat dan dapat menampilkan gambar 3D secara detail.

Dalam video pengenalannya, ponsel Project Tango mampu menggambarkan lingkungan yang ada di sekitar seperti dinding atau pintu dengan mengandalkan kamera yang dimilikinya. Kemampuan ini telah diadopsi oleh Kinect Microsoft untuk mengenali tubuh gamer hingga ke susunan jarinya. Dengan kemampuan ini, pengguna seakan-akan dapat membuat sendiri denah 3D tempat yang ditinggalinya semisal rumah.

Untuk bisa melakukan hal tersebut pengguna hanya perlu berjalan mengelilingi sesisi rumah dengan kondisi ponsel Project Tango dalam keadaan sedang melakukan perekaman. Setelah selesai, seluruh isi rumah yang terekam oleh kameranya ponsel tadi akan tampil dalam bentuk sketsa 3D.

Sebelum Lenovo, Project Tango sudah menjalin kerjasama dengan Intel , NVIDIA dan Qualcomm. Bahkan LG telah mengkonfirmasi akan merils smartphone Tango ke pasar dalam beberapa bulan ke depan.