ArenaLTE.com – Layar sentuh menjadi komponen wajib bagi smartphone keluaran terbaru. Bukan hanya kualitas ketajaman gambar dan tampilannya saja, ternyata sensitifitas layar terhadap perintah sentuhan jari yang kita lakukan juga menjadi faktor terpenting dalam kenyamanan pengguna mengoperasikan smartphone. Salah satu inovasi teknologi layar terbaru adalah layar Pre Sensing yang dikembangkan oleh Microsoft Research.

Meski kurang sukses dalam pasar smartphone dan tablet, tak lantas meredupkan Microsoft dalam menelurkan inovasi pada perangkat mobile. Bahkan Microsoft Research menyebut di masa datang smartphone dan tablet berbasis Windows bakal dilengkapi teknologi layar sentuh dengan kemampuan pre sensing ini.

Microsoft research pre sensingSeperti dikutip dari Gizmag, saat ini teknologi tersebut masih dalam tahap prototipe, tapi diyakini bila saatnya nanti akan terjadi loncatan produksi.  Pada prinsipnya teknologi ini memungkinkan layar sentuh untuk mengantisipasi input sentuhan sebelum Anda meletakkan jari pada layar dan mendaftar bagaimana Anda memegang perangkat untuk menyesuaikan menu sensitif dengan konteks yang sesuai.

Sejatinya di masa lalu sudah ada teknologi yang mirip-mirip, seperti teknologi hover detection dari TrueTouch Cypress Semiconductor yang fungsi kerja mouse ketika mendeteksi jari melayang di atas layar. Namun, Microsoft Research touchscreen dengan layar kapasitif menjadi yang pertama pertama mengadopsi pra-touch sensing dan deteksi grip yang bekerja bersamaan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sudut dan kecepatan pendekatan jari pengguna, prototipe ini mendeteksi gerakan dalam bidang tertentu di atas layar dan dapat memunculkan menu baru dan pilihan interaksi yang sesuai. Saat jari melayang di atas layar saat menonton video misalnya, maka dapat ditampilkan kontrol volume, bermain dan menghentikan player, yang kemudian dapat menekan atau tarik seperti biasa.

Ketika deteksi grip dipadukan, hal ini menjadi tambah menarik. Perangkat ini dapat menentukan apakah Anda menggunakan satu atau kedua tangan untuk memegangnya, dan dapat memunculkan menu kustom tergantung pada jari yang Anda gunakan. Microsoft juga menunjukkan bahwa pre-touch dan perintah sentuhan tradisional dapat dikombinasikan untuk memungkinkan penggunaan yang lebih nyaman pada smartphone. Untuk lebih detailnya tentang teknologi layar sentuh terbaru ini, tayangan video ini lumayan dapat menjelaskan.