ArenaLTE.com – Teknologi jaringan generasi empat 4G LTE yang diadopsi XL Axiata, tak hanya difungsikan untuk mempercepat kualitas akses internet semata. Namun, teknologi tersebut kini digunakan operator untuk menghadirkan layanan VoLTE (Voice over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). Saat ini, layanan VoLTE XL sedang dilakukan ujicoba untuk wilayah Surabaya dan Denpasar.

“Ujicoba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan. VoLTE sendiri merupakan layanan inovatif untuk voice sebagai hasil dari pengembangan 4G LTE,” jelas Nicanor V. Santiago III, Chief Brand & Customer Experience Xl, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta.

Dirinya menambahkan, kehadiran layanan VoLTE XL dirasa sangat penting bagi perusahaan karena hal tersebut adalah untuk melengkapi ekosistem XL 4G LTE. Namun, kehadiran layanan tersebut perlu disiapkan dengan benar-benar, sehingga ujicoba yang sedang dijalankan ini bisa dipastikan untuk pengujian kualitasnya dan memberikan hasil yanng baik.

“Hasilnya sangat baik, dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya. Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan layanan VoLTE XL,” tambah Nicanor.

Perusahaan mengklaim, manfaat yang ditawarkan oleh VoLTE dibandingkan layanan voice lainnya yang ada pada saat ini antara lain adalah kualitas suara yang sangat jernih HD voice (high definition), hemat daya baterai ponsel, juga talktime menggunakan VoLTE lebih lama sekitar 1.5 kali dibandingkan aplikasi VoIP yang lainnya. Secara teknis, pada VoLTE, call set-up juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Sementara itu, pada umumnya layanan nelpon lainnya rata-rata membutuhkan 5-6 detik.

Dari sisi operator, jika dibandingkan dengan UMTS/GSM, maka VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan demikian, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call. Dengan menggunakan VoLTE, pelanggan yang melakukan/menerima layanan telpon juga akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back” atau pindah ke jaringan UMTS/GSM terlebih dahulu.

Apabila saat pelanggan melakukan panggilan di jaringan LTE (VoLTE) dan kemudian moving/pindah ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus. Teknologi VoLTE ini sangat dibutuhkan ke depannya, terutama jika jaringan LTE sudah semakin meluas dan merata.

Serupa namun tak sama dengan Layanan VoLTE, aplikasi RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur, antara lain seperti messaging, chating, voice call, dan video call dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Bisa disebut RCS sebagai pelengkap dari VoLTE. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, XL berharap dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang sangat superior dan lebih kepada pelanggan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam pemanfaatan jaringan LTE.