ArenaLTE.com – Untuk memudahkan para pengguna Smartfren 4G LTE dapat menikmati layanan VoLTE melalui smartphone Android digunakannya, Smartfren menghadirkan aplikasi Smart Volte. Tidak hanya sampai disitu saja, PT Smartfren Telecom, Tbk (Smartfren) juga mengumumkan selesainya uji coba layanan Smartfren VoLTE roaming internasional dengan LG Uplus di Korea Selatan.

Uji coba ini menggunakan teknologi data roaming LTE yang telah tersedia sehingga memungkinkan layanan roaming VoLTE yang mampu mengantarkan panggilan telepon dan video calling roaming internasional dengan kualitas suara dan gambar high definition (HD). Ketika dilakukan ujicoba layanan VoLTE dengan salah seorang rekan smartfren di Korea Selatan berjalan baik bahkan video calling dengan VoLTE juga dapat dilakukan secara lancar.

Hartadi Novianto, Head of Mass Product Department PT Smartfren Telecom Tbk. ketika meluncurkan aplikasi Smart Volte menjelaskan bahwa mitra LG Uplus dipilih karena Korea Selatan sudah memiliki ekosistem layanan 4G LTE paling baik dibandingkan negara lain di dunia. “Hampir semua layanan telekomunikasi di Korea Selatan sudah memanfaatkan layanan 4G LTE, bahkan sekarang sedang mengembangkan ke 5G,” jelasnya.

smartfren roaming volte internasionalKetika ditanyakan mengenai tarif Smartfren VoLTE roaming internasional, Novi H. Lestari, International Service Department PT Smartfren Telecom Tbk. menjelaskan bahwa tarif layanan VoLTE akan menggunakan tarif yang sama dengan layanan Voice dan SMS Smartfren, jadi tarif yang berlaku untuk layanan Smartfren VoLTE roaming internasional nantinya akan sama dengan tarif layanan roaming voice dan SMS internasional yang selama ini sudah berlaku di Smartfren.

Novi juga menambahkan bahwa hingga saat ini layanan roaming internasional Smartfren sudah bisa digunakan di 125 negara, sedangkan untuk layanan Smartfren VoLTE roaming internasional saat ini baru hanya dilakukan ujicoba dengan LG Uplus di Korea Selatan. Smartfren berkomitmen akan terus bekerja sama dengan LG Uplus dan berbagai mitra operator lainnya di dunia untuk komersialisasi layanan roaming VoLTE.

Uji coba Smartfren VoLTE roaming internasional ini juga menjadikan Smartfren sebagai operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang berhasil melakukan roaming VoLTE internasional. Nantinya ketika layanan Smartfren VoLTE roaming internasional telah diluncurkan secara komersial diharapkan dapat memberikan pengalaman berkomunikasi VoLTE yang superior ketika pengguna sedang berpergian ke luar negeri.