ArenaLTE.com – Samsung nampak menggebu dalam mengembangkan sistem pembayaran digital. Layanan yang diberi nama Samsung Pay memang terlihat berbeda dibandingkan dengan para pesaingnya. Karena mendukung kemampuan NFC (Near Field Communication) dan MST (Magnetic Secure Transmission). Dukungan untuk kedua teknologi ini memungkinkan layanan Samsung Pay untuk digunakan di seluruh merchant yang menerima kartu kredit dan debit.

Sampai saat ini, layanan Samsung Pay seperti halnya layanan pembayaran seluler lainnya, memfasilitasi pembelian di toko-toko dengan cara menempelkan ponsel ke dalam sebuah alat yang disediakan toko. Akan tetapi tidak seperti Android Pay atau Apple Pay, Samsung Pay tidak bisa digunakan untuk pembelian online. Paling tidak hal ini akan berubah pada 2016.

Menurut pemberitaan Reuters, Samsung berencana untuk memberikan dukungan pembayaran online untuk layanan Samsung Pay pada 2016. Dilaporkan juga jika Samsung Pay akan mendukung smartphone low-end yang akan dirilis perusahaan itu pada 2016. Hal ini dikonfirmasi oleh Thomas Ko, global co-general manager Samsung Pay yang menyatakan dukungan ini akan tiba tahun depan.

Sayangnya tidak disebutkan tanggal spesifik di mana layanan ini akan tersedia. Tapi untuk saat ini, hanya smartphone Samsung yang diizinkan untuk menggunakan Samsung Pay. Walaupun ada kemungkinan jika akan ada waktunya di mana layanan pembayaran ini tersedia untuk smartphone selain produk Samsung.

Layanan Samsung Pay resmi diluncurkan 20 Agustus 2015 di Korea Selatan, dan sampai saat ini diklaim telah diterima dengan baik oleh konsumen dan vendor. Menyusul keberhasilan awal di Korea Selatan, sistem pembayaran besutan Samsung ini telah diterima di hampir setiap lokasi. Di AS, Samsung Pay telah  diperkenalkan pada 28 September 2015, dan Samsung juga tengah berencana untuk menawarkan layanan ini di Inggris, Spanyol dan Cina.

Dengan kesuksesan yang terbilang cepat, lantas muncul pertanyaan, apa yang membuat Samsung Pay berbeda dengan sistem pembayaran mobile lainnya? Dikutip dari global.samsungtomorrow.com (19/10/2015), keunggulan Samsung Pay ditekankan pada adopsi teknologi NFC dan MST yang bisa diartikan konsumen dapat menggunakan mobile wallet di setiap toko dengan yang memasang pembaca stip magnetik kartu kredit dan sistem pembayaran contactless lainnya.