ArenaLTE.com – Kebakaran pada gardu PLN yang berada di wilayah Kembangan, Jakarta Barat, yang terjadi Rabu (2/9/2015) mengakibatkan gangguan terhadap layanan komunikasi di daerah tersebut. Beberapa operator  telekomunikasi mengakui bahwa dampak yang diberikan memang cukup besar, seperti halnya pada aktivitas telekomunikasi bagi pengguna Telkomsel, XL, dan Indosat. Namun saat ini mereka mengklaim layanan operator sudah pulih usai kebakaran.

Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa ada satu trafo listrik yang berada pada gardu, telah habis ludes terbakar. Sehingga hal tersebut mengakibatkan pemadaman di beberapa titik lokasi yang berhubungan dengan gardu dan terhentinya pasokan. Seperti halnya menara base tranceiver station (BTS) milik beberapa operator yang mengakibatkan aktivitas telekomunikasi di Jakarta Barat terganggu.

Hal tersebut juga diakui oleh Henry Wijayanto, PR Manager XL Axiata, yang menyebutkan bahwa beberapa pelanggan di daerah Jakarta Barat terganggu. Dirinya menerangkan bahwa dampak dari kebakaran mematikan suntikan pasokan listrik ke BTS, sehingga banyak gangguan ke pelanggan.

Pihak XL Axiata sendiri telah melakukan langkah dengan menyediakan genset listrik, sebagai pasokan listrik cadangan untuk membantu memulihkan layanan. Belum ada keterangan perihal berapa persen perbaikan yang telah dilakukan operator, meski diyakini bahwa saat ini layanan operator sudah pulih usai kebakaran.

Sementara itu, sumber internal Indosat menyebutkan bahwa gangguan tersebut  telah diperbaiki dengan cepat.”Sebelum pukul 18.00 kemarin, perbaikan telah mencapai 60 persen dan terus berjalan hingga pagi ini, sekarang sudah pulih,” jelasnya.

Begitupun halnya dengan jaringan telekomunikasi dari Telkomsel, pihak Telkomsel mengungkapkan bahwa jaringan layanan operator sudah pulih usai kebakaran. Sebelumnya disebutkan bahwa ada sekira 101 BTS e-node milik perusahaan yang tidak berfungsi dengan baik, terutama yang berjalan di jaringan 3G yang melayani cakupan daerah tersebut.

“Layanan Telkomsel (voice, sms dan data) sudah berangsur normal sejak tadi malam pasca kebakaran kemarin siang. Dan beberapa lokasi yang Pasokan listriknya masih mati, telkomsel mengaktifkan genset untuk pasokan listrik kepada BTSnya,” jelas Aldin Hasyim, PR Manager Telkomsel, saat dikonfirmasi redaksi ArenaLTE.com, Kamis (3/9/2015).