ArenaLTE.com – Jika kebanyakan layanan marketplace memulai debutnya dari situs web, berbeda dengan Carousell. Start-up asal Singapura yang bergerak di bidang marketplace ini justru memulainya dari aplikasi smartphone (mobile first). Setelah layanannya berkembang cepat dalam bentuk aplikasi hingga menjangkau empat negara (Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Taiwan) mereka kini ekspansi memperkenalkan web platform. 

Quek Siu Rui, Co-Founder Carousell mengatakan upaya ini diambil untuk memenuhi kebutuhan para pengguna demi membantu komunitas menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya bagi mereka yang mengakses Carousell melalui komputer desktop. 

“Walaupun belum secara resmi diumumkan, kami telah berhasil mendapatkan lebih dari 140 juta pageviews hingga hari ini. Kami melihat ini sebagai kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan platform terbaru demi membantu penjual secara lebih efektif menjangkau pembeli serta meningkatkan pengalaman komunitas Carousell,” ujar Quek dalam siaran pers yang diterima ArenaLTE.com.

Tampilan web Carousell.com
Tampilan web Carousell.com

Dijelaskan, web Carousell.com telah dikembangkan menjadi full-featured platform yang membiarkan pengguna untuk membeli dan menjual seperti biasanya saat memakai aplikasi mobile. Sama dengan aplikasi mobile, web platform dari Carousell juga memberikan kesempatan penjual untuk mendaftarkan dan menjual produknya dengan mudah melalui antar muka yang user-friendly.

Tampilan web dirancang meniru aplikasinya dengan desain minimalis dan bersih. Dengan kesederhanaan snap-list-sell­, penjual dapat berbagi produk untuk dijual dengan pasar yang lebih luas. “Konsumen juga dapat melihat dan melakukan pembelian di 26 juta toko yang terdaftar di marketplace dengan berbagi cara. Hingga saat ini, kami hanya bekerjasama dengan segmen pasar yang mobile-centric. Web platform ini merupakan kesempatan emas bagi kami untuk menjangkau demografis yang lebih luas”, jelas Quek Siu Rui.

 

Menurutnya, Web Engineer Carousell menjelaskan pihaknya sangat memperhatikan perubahan teknologi dan selalu berusaha untuk memadukan infrastruktur yang stabil dan fleksibel untuk melayani kebutuhan pengguna. Inilah mengapa web platform Carousell ini dibuat berdasarkan terknologi web terbaru dari Facebook yaitu ReactJS.

 

Sementara itu Co-founder, Lucas Ngoo menambahkan bahwa pihaknya selalu percaya bahwa Carousell tidak hanya sebuah aplikasi, melainkan sebuah komunitas. “Melalui aksi sederhana transaksi di marketplace, ratusan ribu koneksi orang dibentuk setiap harinya. Orang-orang yang sebelumnya tidak pernah bertemu, sekarang menjadi teman, mitra bisnis dan masih banyak lagi. Ini merupakan hubungan yang tidak sengaja terbentuk dan membuat kita tetap berjalan,” pungkasnya.

Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian yang berhasil diperoleh Carousell, simak infografis di bawah ini:

Carousell-Infographics