ArenaLTE.com – Seperti pada malam sebelumnya, menjelang waktu tidur saya selalu melakukan ritual malam dengan membuka media sosial Path. Namun sayang, baru beberapa kali scroll layar smartphone untuk melihat update status rekan yang ada, tetiba akun saya langsung melakukan logout otomatis. Berpikir bahwa mungkin saya tidak sengaja melakukan logout, karena memang sudah cukup mengantuk.

Dipagi hari saya kembali mencoba untuk membuka akun Path, namun sudah beberapa kali memasukkan ID dan Password untuk login tidak berhasil juga. Saya mencoba melakukan install ulang aplikasi Path, namun hal itu juga tidak membantu banyak dan login tetap tidak mau masuk. Hal ini juga termasuk saat saya lakukan forgot password untuk menyetel ulang kata sandi.

path under

 

Setelah tak kunjung berhasil, akhirnya saya ganti aktivitas dengan mencari informasi permasalahan tersebut. Dan ternyata dalam halaman akun resmi Twitter milik Path, diinformasikan bahwa layanan media sosial ini sedang mengalami maintenance atau perbaikan.

Belum ada keterangan perihal apakah error-nya layanan Path ini karena sedang maintenance, kerusakan server atau serangan hacker. Pasalnya, beberapa sumber informasi dari internet menyebutkan ada kemungkinan situs media sosial ini mendapatkan serangan hacker yang langsung menyasar server. Sehingga sistem database tidak berhasil di-recovery atau diselamatkan.

Engineer di Path saat ini sedang bekerja keras dalam tekanan karena masih belum bisa menyelesaikan permasalahan. Akun @PathServices yang berfungsi untuk menginformasikan hal teknis sampai empat kali nge-tweet untuk memberitahukan bahwa sedang dalam proses maintenance. Kemudian langsung di-retweet oleh akun utama @Path. Mereka menyesalkan kejadian ini dan menginformasikan bahwa proses maintenance akan membutuhkan wahtu yang lebih lama dari yang diharapkan.

 

Netizen khususnya dari Indonesia pun langsung mengungkapkan kekecewaannya di Twitter. Bahkan perihal down-nya layanan tersebut hingga menjadi trending topic. Menariknya, akun resmi Twitter Indonesia (@TwitterID) pun ikut bereaksi menyindir kompetitornya tersebut walaupun tidak langsung menyebutnya.

https://twitter.com/TwitterID/status/705399321361936384