ArenaLTE.com – Di era sekarang ini, teknologi internet dan digital dapat memberikan manfaat bagi upaya peningkatan nilai ekonomi produk asli rakyat, termasuk produk kerajinan asli Indonesia. Melalui layanan internet dan digital e-commerce sebagai sarana promosi produk UKM (Usaha Kecil Menengah), para pengerajin di setiap daerah dapat meningkatkan produktifitas dan memperluas jangkauan pemasaran mereka dengan cepat dan mudah.

Dalam menggali, melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan warisan budaya bangsa khususnya seni kerajinan asli Indonesia ini XL juga bekerjasama dengan sebuah organisasi non profit bernama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan seni kerajinan Indonesia. Kerjasama ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia dengan memanfaatkan layanan internet dan digital.

layanan internet dan digitalHal ini diwujudkan oleh Dewan Kerajinan Nasional, PT XL Axiata Tbk (XL)  bersama Elevenia dan Bank BTPN dengan melakukan pelatihan “digital crafter” kepada pengrajin di Kabupaten Garut, Jabar. Pelatihan di Garut ini diikuti oleh sedikitnya 30 pengrajin yang terdiri dari sejumlah sektor kerajinan andalan Garut. Antara lain adalah pengrajin kulit, tenun sutra, batik, akar wangi, bambu, dan batu akik. XL akan memberikan perangkat telepon pintar dan paket data kepada pengrajin serta pelatihan pemanfaatan terkait internet secara singkat selama satu hari penuh yang berlangsung Selasa (2/2) lalu yang bertempat di Pendopo Kota Garut.

Melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com, Vice President XL Central Region Bambang Parikesit mengatakan, “Sesuai dengan visi memajukan ekonomi digital Indonesia, kami sangat antusias ambil bagian dalam program pelatihan digital marketing bagi kawan-kawan pelaku industri kerajinan rakyat di Garut ini.” Pada kesempatan yang sama, Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari menjelaskan bahwa kehadiran Elevenia memang bertujuan untuk membantu para UKM agar mereka bisa Go Global dengan menjadi penjual online.

Pada kesempatan tersebut Elevenia ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah mempromosikan dan menjual produk kerajinan. Bahkan, perajin sudah bisa mendaftarkan diri menjadi penjual di Elevenia dengan mendaftar melalui situs www.elevenia.co.id. Adapun Bank BTPN akan membantu penyediaan pelatihan manajemen usaha agar para pengrajin memiliki ilmu yang cukup dalam memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik.