ArenaLTE.com – Menyusul penyelesaian proses Refarming pita frekuensi 1.800MHz untuk 4G yang digelar di Jawa Barat, perusahaan kini resmi mengkomersilkan Layanan 4G LTE XL di Bandung. Melalui produk layanan internet super cepat, perusahaan mengklaim bahwa Bandung kini sudah bisa merasakan akses internet cepat tersebut.

“Satu lagi kota besar di Indonesia yang bisa menikmati layanan 4G LTE XL. Akan menyusul segera kota-kota lainnya dalam waktu dekat. Namun, fokus kami tidak hanya sekadar pada pengembangan wilayah layanan. Kami juga berfokus pada kualitas layanan, agar  yang namanya internet super cepat benar-benar bisa memenuhi ekspektasi pelanggan dan masyarakat,” jelas Bambang Parikesit, VP XL Central Region, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ArenaLTE.com, Selasa (10/11/2015).

Menurutnya, saat layanan internet super cepat 4G LTE hadir di Indonesia maka tuntutan pasar akan ikut berubah. Para pelanggan dan pengguna layanan mobile internet akan menghendaki kualitas yang benar-benar prima agar bisa menikmati dan memanfaatkan layanan data secara maksimal. Akses pada layanan yang bersifat visual, terutama video akan terus meningkat.

“Video akan menjadi format layanan data untuk berbagai keperluan, baik untuk edukasi, promosi, presentasi, hingga hiburan. Karena itulah, sejak awal XL mengambil kebijakan untuk langsung membangun layanan 4G LTE dengan standar mampu menghadirkan layanan “Extreme HD 360° Video”. Lanjutnya menjelaskan.

Penyelesaian dan komersialisasi layanan 4G LTE XL di wilayah Bandung, diungkapkan juga selaras dengan usaha perusahaan untuk menghadirkan layanan internet yang cepat dengan ujicoba teknologi baru. Salah satunya adalah dengan melakukan ujicoba LTE-Advanced LAA (License Assisted Access). Teknologi baru ini akan memungkinkan pelanggan tetap bisa mendapatkan akses internet super cepat hingga lebih dari 300Mbps pada saat di dalam ruangan.
Baca: Antisipasi Lonjakan Data, XL Uji Coba Teknologi LTE Advanced LAA

Untuk wilayah Bandung sendiri, XL Axiata mengungkapkan bahwa layanan komersial ini bis dinikmati di beberapa wilayah, seperti Padalarang, Jatinangor, dan Cimahi yang akan diakomodir lebih dari 249 BTS 4G yang dimiliki perusahaan. Perusahaan juga meyakinkan akan terus menambah infrastruktur pendukungnya, untuk memperluas jangkauan di kota-kota lainnya.

Saat ini, di Bandung, pelanggan bisa mendapatkan paket bundling layanan 4G LTE XL dengan ponsel pintar berbagai tipe baik low end ataupun high end termasuk pula dengan cicilan harga yang terjangkau dan bervariasi. XL juga mengungkapkan telah menyelenggarakan program-program yang memudahkan pelanggan untuk beralih ke layanan 4G. kartu SIM XL kini tersedia di pasar juga sudah 4G ready.

Sebelumnya, XL Axiata menjelaskan bahwa layanan 4G LTE juga pada awalnya sudah dikomersialkan di beberapa kota lain, seperti Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, dan Surabaya. Pada Desember 2015 ini, anak perusahaan Axiata Group ini akan meluncurkan layanan 4G LTE di Jakarta.  Dalam waktu yang tidak lama, mereka juga akan segera memperluas layanan ini ke sejumlah kota lainnya. Layanan 4G LTE XL ditopang oleh total tidak kurang dari 2.500 unit BTS 4G.