ArenaLTE.com –Komersialisasi layanan 4G LTE Telkomsel terus merambah berbagai kota besar tanah air. Kali ini, Telkomsel menyambangi Kalimantan dan menggeber layanan internet kecepatan tingginya di kota Balikpapan. Langkah tersebut sekaligus membuat layanan 4G LTE Telkomsel bisa dinikmati di sebelas kota besar Indonesia.

Sebelumnya, layanan 4G LTE Telkomsel sudah mengudara di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado,  Batam, dan Yogyakarta. Dengan kehadiran layanan ini di Balikpapan, Telkomsel siap mengakomodasi aktivitas bisnis lewat dukungan 4G LTE.

“Sebagai Kota Minyak yang memiliki industri pengolahan minyak dan gas sebagai penggerak ekonominya, kehadiran layanan 4G LTE Telkomsel diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan untuk aktivitas bisnis di kota terbesar di provinsi Kalimantan Timur ini,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com

Lebih dari itu, Ririek menambahkan, Bandara Sepinggan merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia Timur, sehingga layanan mobile broadband yang cepat dan stabil akan meningkatkan kenyamanan bagi para pengunjung dalam mobilitasnya di kota tersebut.

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia dengan pertumbuhan jumlah handset (ponsel) 4G di jaringan Telkomsel dengan angka yang cukup tinggi.  Di Balikpapan, saat ini sudah terdapat sekitar 27 ribu  pelanggan Telkomsel yang menggunakan handset (ponsel) 4G.

Pertumbuhan penggunaan layanan data di kota ini pun cukup signifikan, yang dapat terlihat dari angka peningkatan konsumsi data hingga kuartal ketiga 2015, yakni sebesar 120% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Adapun jumlah pelanggan data di Balikpapan saat ini berjumlah sekitar 40% dari sekitar 1,2 juta total pelanggan di kota tersebut.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan mobile broadband, layanan 4G LTE Telkomsel sudah mencakup seluruh wilayah inner kota Balikpapan, termasuk lokasi-lokasi strategis seperti pusat keramaian, Bandara Sepinggan, area pusat perbelanjaan serta sekitar wilayah pemukiman dan lingkungan perkantoran di Balikpapan.

Secara nasional Telkomsel telah memiliki lebih dari 2200 BTS 4G dengan sekitar 1.82 juta  pelanggan 4G yang menjadikannya komunitas 4G LTE terbesar di Indonesia. Selain itu, untuk memberikan real-time experience yang akan mendukung mobilitas pengguna layanan dari dan menuju Indonesia, Telkomsel telah bekerjasama dengan 34 mitra operator dari sekitar 31 negara  di 5 benua untuk International Roaming 4G LTE, yang menjadikannya sebagai layanan 4G LTE pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming.