Kostoom, Startup Penjahit Online Wakili Indonesia ke Seedstars Summit Swiss 2017

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Ajang Seedstars Jakarta 2016 akhirnya memilih startup Kostoom sebagai juara setelah melalui proses pitching. Kostoom menyisihkan delapan startup lainnya seperti Sevva, Blumbang Reksa, Akomoo, Bukapintu, Konsaato, Taptopick, Shinta VR, dan Appskep.


Kostoom merupakan platform yang mengusung konsep sharing economy dengan memberdayakan penjahit-penjahit rumahan yang berkualitas. Saat ini, mereka memiliki 20 penjahit pilihan yang dikurasi dari 300 penjahit rumahan lainnya. Startup yang bermarkas di Sawangan ini masih mengembangkan bisnisnya di area Depok, Jawa Barat. Rencananya, mereka akan menyebar hingga seluruh kota Indonesia pada 2017 mendatang.


“Hadirnya Kostoom semoga bisa memberi kesempatan kepada para penjahit rumahan untuk bisa mengembangkan usahanya. Kini, pendapatan penjahit meningkat 200 hingga 300 persen setelah bergabung dengan Kostoom,” tutur Putry Yuli, CEO Kostoom, di acara Seedstars Jakarta 2016 yang berlangsung di Conclave, Jakarta (10/9).

[caption id="attachment_26082" align="aligncenter" width="800"]Putry Yuli, CEO Kostoom Putry Yuli, CEO Kostoom[/caption]

 

Startup-startup yang terlibat dalam Seedstars Jakarta 2016 dikurasi langsung oleh KIBAR sebagai Seedstars Local Ambassador. KIBAR juga menghadirkan sesi mentoring kepada para startup untuk menyempurnakan presentasi mereka dengan bimbingan mentor dari Andy Santoso, CEO Big Evo; Raditya Permana, Investment Manager Venturra Capital; dan Gregorius Bimantoro, Founder ProSehat.

Setelah diberikan mentoring para startup melakukan pitching di hadapan juri-juri kompeten yang terdiri dari Alamanda Shantika, Vice President GO-JEK; Sanny Gaddafi, Co-founder 8villages; Dondi Hananto, Founder Kinara; Andreas Senjaya, CEO Badr Interactive; Rama Mamuaya, Founder and CEO Daily Social, dan Pri Desta Yudha, Head for Integrated Technology Indosat Ooredoo. "Idenya Kostoom ini unik, belum ada yang melirik para penjahit dan solusi yang ditawarkan juga bagus," kata Alamanda Shantika Santoso.

Sevva yang merupakan rental marketplace yang mempertemukan pemilik barang dengan penyewa barang terpilih sebagai runner-up. Diikuti oleh Blumbang Reksa, produk Internet of Things (IoT) yang berfungsi memonitor kondisi air, kondisi suhu, kelembapan, hingga salinitas pada tambak udang sebagai second runner-up.

Berkat kemenangan ini, Kostoom akan mewakili Indonesia di Regional Summit dan Global Seedstars Summit yang akan diselenggarakan di Swiss, April 2017. Mereka akan bersaing dengan 60 startup dari negara berkembang lainnya untuk pitching di hadapan 1.000 invitations guna mendapatkan dana investasi hingga 1 juta dolar AS serta jaringan dengan para investor dan mentor dari berbagai belahan dunia.

“Seedstars World merupakan salah satu kontribusi KIBAR untuk mendorong berkembangnya ekosistem startup digital di Indonesia. Ajang ini juga menjadi kesempatan bagus bagi startup Indonesia untuk unjuk gigi ke dunia, bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa,” tutur Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto.

Leave a Comment