ArenaLTE.com – Hingga Agustus 2016 jumlah pelanggan 4G LTE XL mencapai sekitar 8 juta pelanggan yang tersebar di 86 kota berbagai daerah yang telah dapat menikmati layanan 4G LTE. Beberapa kota yang baru saja mendapatkan layanan internet cepat XL 4G LTE adalah antara lain Kabupaten Karawang, Cilegon, Kabupaten dan Kota Serang, Kab Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Batu.

Secara nasional, pelanggan 4G LTE XL meningkat sekitar 10% di bandingkan periode dari triwulan pertama 2016. Sementara itu pertumbuhan jumlah penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan juga terus naik. Saat ini sekitar 53% pelanggan telah menggunakan smartphone. Dengan semakin luas cakupan layanan 4G, serta semakin terjangkaunya harga ponsel 4G, XL yakin akan terus tumbuh jumlah pelanggan 4G LTE XL yang diharapkan dapat meraih 9 juta pelanggan 4G hingga akhir 2016 nanti.

Layanan internet cepat ini didukung oleh lebih dari 6.500 unit BTS 4G LTE XL, jumlah ini di klaim sebagai jumlah BTS 4G LTE terbanyak yang dimiliki oleh operator 4G GSM. Tiak hanya membangun instalasi BTS 4G LTE saja, XL juga melakukan instalasi perangkat pemancar High Capacity SmallCell di dalam gedung-gedung di kota-kota 4G untuk meningkatkan kualitas layanannya.

Dari sisi trafik Data, XL mengalami pertumbuhan trafik data yang terbesar dibandingkan para kompetitor. Kenaikan trafik Data XL secara total mencapai sekitar 1.500 TB, per semester pertama 2016. Ini meningkat sekitar 123% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, khusus trafik Data 4G, jumlah konsusmsi data pelanggan 4G LTE XL mencapai 395 TeraByte (TB) hingga semester pertama tahun 2016 ini.

CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam Hari Pelanggan Nasional
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini (kiri, berbaju Biru ) sedang melayani salah satu pelanggan yang berada di salah satu gerai penjualan (retail outlet) di Surabaya, dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (4/9).

Program Menarik Bagi Pelanggan 4G LTE XL

Untuk mendorong pertumbuhan pelanggan 4G LTE XL tersebut, XL menggulirkan berbagai program menarik diantaranyanya yaitu kemudahan dalam meng-upgrade kartu SIM 4G.

Selain dengan menyediakan layanan kedatangan petugas ke kantor-kantor atau lokasi yang diminta pelanggan, pesan melalui beberapa toko online, XL juga telah menyediakan sistem penggantian SIM secara mandiri. Pelanggan bisa menggantinya sendiri SIM 4G LTE XL tanpa datang ke XL Center atau ke petugas XL.

Baca juga:
Wow! Penjualan Smartphone LTE di Indonesia Melonjak 900%
Q2 2016, Pelanggan 4G LTE di Indonesia Capai 18 Juta & Menjangkau 100 Kota

XL juga kembali meluncurkan program Shopping Point, yang meringankan pelanggan untuk memiliki smartphone 4G. Program ini memberikan point kepada pelanggan yang membeli paket Combo Xtra untuk berlangganan selama setahun. Point tersebut kemudian bisa dipakai sebagai potongan harga smartphone 4G pilihannya dan asesoris lainnya.

Selain itu, XL juga telah meluncurkan program “XL Go”, berupa paket berlangganan untuk layanan Mifi. XL juga menghadirkan berbagai produk digital sebagai nilai tambah bagi pelanggan yang beralih ke layanan XL 4G LTE, seperti layanan video dan film melalui aplikasi Tribe, serta layanan musik Yonder.

Peningkatan kualitas layanan Data juga terus dilakukan di berbagai layanan digital yang sudah ada. Layanan-layanan tersebut, antara lain XL Tunai, Internet of Thing, Gudang Aplikasi, Elevenia, XmartCity, XCloud, dan lain-lain.