ArenaLTE.com – Perhelatan pameran perangkat komputasi BRI Indocomtech 2016 memang tak hanya memamerkan mengenai perkembangan produk gadget terbaru saja. Beragam teknologi lain pun ikut dipamerkan di dalamnya, termasuk konsep smart city ala aplikasi Qlue. Dalam program yang bertajuk Qlue Smart City experience area di lobby JCC, dikenalkan bagaimana mengedukasi dan memberikan informasi seputar gambaran kota masa depan kepada para pengunjung pameran.

Dalam keterangan resminya aplikasi Qlue menjelaskan bahwa perkembangan teknologi saat ini mulai memasuki seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pembangunan kota cerdas yang serba digital. Di seluruh dunia kini tengah berlomba-lomba untuk mewujudkan konsep Smart City. Berdasarkan data dari WHO, pada tahun 2050, sebanyak 70% dari populasi global akan tinggal di wilayah perkotaan.

Baca : 
Seperti Ini Penerapan Internet Of Things Di Indonesia
Didukung ATSI & Kominfo, 3 Aplikasi Lokal Ini Tertanam Langsung di SIM Card

Lembaga riset dan penelitian Frost and Sullivan memprediksi di tahun 2020, pasar Smart Cities akan berkembang hingga memiliki nilai USD1,5 triliun. Melihat perkembangan tersebut   BRI INDOCOMTECH 2016 bekerja sama dengan aplikasi Qlue, sebuah aplikasi media sosial pertama dan satu-satunya untuk platform Smart City yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik kota, khususnya Jakarta kini ikut dipamerkan.

aplikasi Qlue menghadirkan pengalaman seru kehidupan Smart City melalui cara yang unik dan interaktif di experience area Qlue BRI INDOCOMTECH 2016. Di area qlueXP, para pengunjung yang ingin melihat permasalahan kota dapat merasakan berada di dalam mini command center untuk menunjukkan cara kerja penindaklanjutan laporan warga yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Qlue juga menghadirkan teknologi terbaru di bidang Virtual Reality di area Jakarta in VR.

Teknologi ini menampilkan Jakarta dalam Virtual Reality, pengunjung bisa melihat bagaimana keadaan Jakarta saat ini dalam sebuah bidang tiga dimensi. Bagi para pengunjung yang ingin bersantai sejenak selepas berkeliling pameran, aplikasi Qlue juga menyediakan q-Lounge di bagian samping booth.