ArenaLTE.com – Rasanya belum ada aplikasi yang punya kinerja sedramatis Facebook Messenger dan WhatsApp. kedua aplikasi instant messaging dan VoIP (Voice over Intenet Protocol) dengan satu kepemilikan ini belum lama telah menggemparkan jagad dunia digital, pasalnya kombinasi dua aplikasi itu punya volume pengiriman pesan per harinya mencapai 60 miliar.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkapkan angka tersebut dalam konferensi F8 yang berlangsung pada 12 April lalu. Jumlah tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan volume harian untuk pengiriman pesan via SMS yang ‘hanya’ 20 miliar.WhatsApp

Baca juga: Layanan Video Makin Populer Dengan Facebook Live Streaming

WhatsApp mempunyai lebih dari satu miliar pengguna aktif, sementara Messenger telah memiliki 900 juta basis pengguna. WhatsApp yang diakuisisi oleh Facebook pada 2014 senilai 19 miliar dollar Amerika Serikat (AS) sudah mengumpulkan pengguna aktif bulanan sebanyak 1 miliar, per Februari 2016.

Sayang tak ada data spesifiknya, meski demikian sangat mungkin adalah WhatsApp yang paling mendominasi dari angka 60 miliar pesan per hari tadi. Jika berkaca pada data yang juga pernah dibeberkan Facebook di bulan Januari lalu, peredaran pesan WhatsApp ketika itu sudah mencapai 30 miliar pesan dalam sehari. Jadi seharusnya saat ini jumlahnya lebih tinggi dari itu.