ArenaLTE.com – Beberapa bulan yang lalu, Smartfren secara resmi meluncurkan layanan Voice Over LTE (VoLTE) mereka. Namun ketika layanan VoLTE smartfren diluncurkan pertama kali tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna Andromax R2 dan E2 saja. Kini Smartfren meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Smart VoLTE, dengan menginstal aplikasi ini semua pengguna Smarfren 4G LTE dapat melakukan panggilan VoLTE melalui smartphone Android yang kita gunakan.

Seperti yang kita ketahui bersama, layanan Voice Over LTE (VoLTE) ini diprediksi akan menjadi senjata utama 4G LTE operator di masa mendatang selain layanan data. VoLTE merupakan basis teknologi yang berdasar pada all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone. Dengan jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan akses data internet yang lebih cepat dan arsitektur yang memungkinkan panggilan suara dan data (akses internet) berada dalam satu jaringan akan membuat performa voice call dan akses internet lebih optimal.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren Telecom ketika meluncurkan aplikasi Smart VoLTE di penang Bistro, Jakarta (15/04/2016) mengungkapkan bahwa dengan hadirnya aplikasi yang kami beri nama Smart VoLTE ini para pengguna perangkat smartphone Andromax 4G dan smartphone Android 4G dengan merek umum yang tersedia di pasaran, dapat menikmati semua layanan VoLTE yang kami sediakan. “Cukup download di Google Play Store dan nikmati cara baru berkomunikasi dengan VoLTE,” ujarnya.

Fitur Dan Layanan Aplikasi Smart VoLTE

Biasanya pengguna Smartfren 4G LTE yang terkoneksi di jaringan 4G ketika akan melakukan atau menerima panggilan telepon atau SMS maka koneksi jaringan secara otomatis akan turun ke EVDO atau 3G dan 2G. Kini dengan menginstal aplikasi Smart VoLTE, kita tetap dapat terkoneksi di jaringan 4G dan menikmati layanan VoLTE seperti voice/ video call, SMS, USSI, dan conference call di smartphone yang belum terinstal VoLTE, dengan kualitas yang setara dengan smartphone yang sudah memiliki native VoLTE.

smart volte Aplikasi Smart VoLTE juga mendukung auto provisioning jadi kita tidak perlu tidak perlu memasukan parameter atau info apapun untuk aktivasi dan menikmati layanan VoLTE. Cukup instal aplikasi Smart Volte dan melakukan registrasi sudah bisa langsung menikmati layanan VoLTE di smartphone. Kita juga tidak perlu repot untuk memindahkan kontak telepon karena akan langsung terintegrasi dengan aplikasi Smart VoLTE.

Keunggulan lain dari aplikasi smart VoLTE ini yaitu proses koneksi panggilan yang sangat cepat, dalam ujicoba yang dilakukan langsung oleh ArenaLTE.com rata-rata call setup melalui VoLTE membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik dibandingkan dengan melakukan panggilan suara secara konvensional yang membutuhkan setidaknya 8 detik.

Selain panggilan suara dan SMS, dengan aplikasi Smart VoLTE kita juga bisa menikmati video call dengan mulus melalui layanan VoLTE, bahkan dapat berganti mode menjadi voice dan berpindah lagi menjadi video call hanya cukup menyentuh menu yang tersedia, tanpa perlu memutuskan sambungan telepon.

Selain itu, VoLTE merupakan layanan komunikasi berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE melalui IMS (IP Multimedia Subsystem) yang memiliki jalur khusus (dedicated bearer). Sehingga panggilan video dan suara yang kita lakukan berkualitas high definition dengan background noise yang sangat kecil, membuat suara yang didengar oleh lawan bicara akan tetap jernih dan jelas meskipun pengguna melakukan panggilan di tempat ramai dan terbuka.

smart volte Smartphone Yang Mendukung Smart VoLTE

Syarat untuk dapat menikmati layanan VoLTE, perangkat yang digunakan harus mendukung Band 5 dan Band 40, serta memiliki pengaturan LTE-only mode dan menggunakan kartu 4G dengan parameter VoLTE. Dan untuk urusan tarif, layanan VoLTE milik Smartfren ini mengikuti tarif voice atau panggilan telepon biasa, sehingga kita dapat melakukan video call tanpa perlu mengkhawatirkan kuota data internet terkuras habis.

Berikut adalah daftar smartphone yang sudah teruji kompatibel dengan aplikasi Smart VoLTE: Andromax EC, Andromax ES, Andromax R, Andromax R2, Andromax Q, Andromax Qi, LG G4, Wiko Ridge 4G Fever, Samsung J2, Samsung J5, Lenovo A6010, Samsung Tab S2 T715Y, Samsung Tab S2 T815Y, Sony Experia Z3 Compact D5833, One Plus One A1001, Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, Samsung J1 Ace, Samsung J7 dan Asus Zenfone 2.