ArenaLTE.com – Expert Exhange, perusahaan teknologi yang berbasis di AS, baru-baru ini mengungkapkan bahwa telah mengadakan penelitian pada tiga fitur voice assistance pendukung smartphone, yakni Apple Siri, Google Now dan Cortana dari Microsoft.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo.com, Expert Exhange menyebut layanan digital dari Apple sebagai voice assistance dengan kemampuan terbaik dibanding milik Google maupun Microsoft. Hasil penelitian menyebut Google Now ada di posisi kedua, dan Cortana ada diposisi ketiga.

Penelitian juga mengungkapkan tingkah kesalahan yang dilakukan tiap voice assistance, Apple Siri tingkat kesalahan menjawab mencapai 2,6 persen, Google Now 4 persen, dan Cortana 8 persen. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan pengguna.

Expert Exhange juga memaparkan analisa dari sudut kemampuan voice assistance untuk memberikan petunjuk tanpa mengarahkan pengguna kepada pencarian web. Dan hasilnya Google Now dan Apple Siri punya level sama, yakni 5 persen, sementara Cortana berada di 7 persen. Pengalaman  menggunakan voice assistance tentu berbeda diantara pengguna, tapi dari penelitian yang disampaikan Expert Exhange dapat disimpulkan pemenangnya adalah Apple Siri.

Sebelum penelitian yang dilakukan oleh Expert Exhange, Stone Temple Consluting juga pernah menguji ketiga voice assistant tersebut. Hasilnya memang berbeda dari temuan Expert Exhange. Pasalnya  Google Now menjadi yang paling pintar dengan skor 88 persen, lalu diikuti oleh iOS dengan angka 53 persen dan yang terakhir adalah Cortana dengan skor 40 persen.
Baca juga: Menguak Latar Belakang Rencana Apple Investasi Timah di Indonesia

Berdasarkan dari perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mereka menguji asisten suara tersebut dengan 3000 suara dengn berbagai macam pertanyaan mengenai segala macam hal dan Google Now yang berhasil menjawab 80% pertanyaan tersebut. hal ini tidak mengejutkan karena Google sendiri adalah perusahaan mesin pencari paling handal.

Menariknya, ketika menggunakan Bing memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan Cortana dan hal ini memberikan pekerjaan yang cukup besar bagi Microsoft untuk mengintegrasikan Bing dengan asisten suara Cortana.