ArenaLTE.com – Pemblokiran layanan streaming TV Netflix yang dilakukan oleh Telkom Grup, memang cukup membuat banyak kecewa pengguna Indonesia. Namun demikian, bukan berarti di Indonesia sendiri tidak ada perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Kineria.com menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa diakses pengguna untuk menikmati layanan TV streaming.

Ditemui di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), di Jakarta, Kalamullah Ramli, Direktur Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, mengungkapkan bahwa perusahaan Indonesia juga sebenarnya ada seperti Netflix, namanya Kineria.com. Ini adalah startup lokal milik PT Asia Quattro yang menyediakan layanan video streaming.

“Kineria itu perusahaan lokal, dia itu sama perusahaan penyewaan film. Pak Menteri (Rudiantara) sudah pernah mencobanya, katanya dapat voucher IDR 15 ribu dapat nonton film kalau tidak salah tiga film,” jelas Kalamullah Ramli.

kineria-logoSebagai informasi, Kineria.com merupakan platform film hiburan online yang mendistribusikan film-film Indonesia berdurasi panjang ataupun pendek tanpa adanya pemotongan durasi film dan menawarkan berbagai genre favorit – seperti komedi, aksi, kejahatan, horor, drama dan thriller.

Kineria bisa ditonton lewat berbagai piranti, baik meja maupun mobile, dalam format streaming yang resmi dan berbayar. Saat redaksi mengunjungi situs Kineria.com, terdapat informasi dua pilihan paket yang bisa dibeli. Yakni paket 11 yang dibanderol IDR 11.000 dengan masa berlaku 5 Hari. Pada paket ini variasi film yang tersedia adalah 2 film pendek atau 1 film panjang. Sedangkan pilihan kedua adalah Paket 55 yang dibanderol IDR 55.000 dengan masa berlaku 30 Hari. Untuk paket ini, variasi pilihan film lebih banyak. Tersedia 10 film pendek, atau 1 film panjang + 8 film pendek, atau 2 film panjang + 6 film pendek, atau 3 film panjang + 4 film pendek, atau 4 film panjang + 2 film pendek.

Karena murni bersifat streaming, maka film yang sudah dipilih tidak bisa diunduh. Pengguna hanya bisa menonton langsung dengan mengunjungi situs Kineria. Perusahaan berdalih, pengguna tidak bisa mengunduh karena hal ini melanggar hak cipta. Meski di sisi lain, layanan iTunes Movie memungkinkan pengguna untuk mengunduh film di perangkat iOS.

Bagaimana dengan kualitas gambar? Pihak Kineria mengungkap resolusi gambar film memiliki pengaturan yang disesuaikan dengan kecepatan koneksi internet. Meskipun kecepatan koneksi internet lambat, resolusi tinggi tetap dapat dinikmati oleh pelanggan. Tidak ada minimal bandwith yang dibutuhkan untuk dapat menikmati konten film di Kineria.com, sistem secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan internet dan gambar yang ditampilkan tetap memiliki kualitas terbaik.