ArenaLTE.com –  Jumlah yang terjual tentunya tidak bisa disamakan dengan jumlah yang aktif pada unit penjualan smartphone. Bagi pihak manufaktur ponsel, pastinya berharap agar kedua elemen bisa tumbuh sejalan. Misalnya Apple pada tahun lalu telah mengumumkan telah menjual 1 miliar unit iPhone di seluruh dunia. Dan kini bertepatan dengan pelaporan keuangan kuartal pertama di tahun 2016.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu merilis telah memiliki 1 miliar pengguna aktif pada keseluruhan perangkatnya, yaitu iPhone, iPad, iPod Touch, Mac, Apple TV, Apple Watch dan perangkat lainnya yang tergabung dalam layanan Apple dalam rentang waktu 90 hari.

Dalam pelaporan keuntungan di kuartal pertama tahun ini, CEO Apple yaitu Tim Cook menyampaikan rasa terima kasih kepada tim yang sudah membantu Apple meraih rekor baru di tahun ini. Dengan 1 miliar pengguna aktifnya, otomatis akan berdampak pada penggunaan akses App Store dan layanan lainnya. Perlu diketahui bahwa bisnis mereka tidak hanya menjual perangkat saja, tapi perusahaan ini juga menjual jasa atau layanan yang dapat dinikmati secara eksklusif untuk pengguna perangkat. Contohnya seperti Apple Music.

Yang menarik, 30 persen dari angka penjualan iPhone berasal dari orang-orang yang tadinya memakai platform Android. Artinya, ada sekitar 14 juta “mantan” Android yang memilih beralih ke platform iOS.

Menurut Tim Cook, pencapaian merebut pengguna Android kali ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan. “Fiskal 2015 adalah tahun paling sukses bagi Apple dengan pendapatan total meningkat 28 persen mencapai 234 miliar dollar AS (Rp 3.197 triliun),” kata Cook.

Hal ini, kata dia, tak lepas dari faktor peluncuran iPhone 6s dan 6s Plus, September lalu. Menurut Cook, duet tersebut mendulang kesuksesan yang sama dengan penerusnya iPhone 6 dan 6 Plus. Diketahui, iPhone memang berkontribusi paling besar untuk profit perusahaan pada kuartal ini. Dari profit total 51,1 miliar dollar AS, 32 miliar dollar AS berasal dari penjualan iPhone.