ArenaLTE.com – Selama tahun 2015 banyak momen penting yang terjadi di Android, ada beberapa kejadian yang cukup menghenyakkan kita ada juga beberapa kegagalan yang terjadi. Hal-hal tersebut layak menjadi momen penting Android tahun 2015. Kita juga banyak disuguhkan berbagai update fitur terbaru Android yang hadir dalam smartphone Android yang buat kita tercengang, dan tidak sedikit juga yang gagal dan tidak kita harapkan. Berikut ini beberapa momen penting Android tahun 2015.

alphabet IncLahirnya Alphabet Inc. dan CEO Sundar

Awal tahun 2015 kejadian besar yang terjadi di Google yaitu penunjukan Sundar Pichai sebagai CEO Google menggantikan Larry Page yang akan berkolaborasi dengan co-founder Google Sergey Brin dan CEO Google sebelumnya Eric Schmid untuk menjalankan holding company baru Alphabet Inc. Tak banyak yang menyangka bahwa AlphabetInc. ini menjelma menjadi payung baru bagi usaha mereka seperti Google, Google Ventures, Calico, Fiber, Google[x], Google Capital, Verily dan Nest. Ini momen penting bagi Android dan diperkirakan gebrakan dan ekspansi Google akan semakin agresif dibawah kepemimpinan CEO Sundar.

Update Android Yang Rutin

Momen penting lain dari Android tahun 2015 yaitu kita akan semakin dimanjakan dengan update rutin yang akan diberikan oleh Android setiap tahunnya. Muali tahun 2015 dan seterusnya Google akan melakukan konfrensi dan memperkenalkan rilis Android terbaru mereka. Pengumuman versi terbaru ini akan terus di update setiap bulan hingga versi final yang siap dirilis dalam smartphone Nexus yang biasanya dilakukan pada akhir September atau awala Oktober. Ini merupakan komitmen baru Android yang akan memberikan pengaruh kepada para developer software dan market secara keseluruhan.

nexus 5x dan 6PDua Smartphone Nexus Dalam Setahun

Smartphone buatan Google yaitu Nexus biasanya hanya diluncurkan satu seri dalam setahun, namun untuk Android tahun 2015, peluncuran Android Marshmallow secara tidak sengaja menjadikan Nexus smartphone terbaru muncul dari Huawei melalui nexus 6P untuk kelas High End dan yang lebih terjangkau yaitu Nexus 5X buatan LG.

Dan Google mengkonfirmasi bahwa kedepannya akan ada dua seri Nexus terbaru setiap tahunnya dan jejeran seri X ini akan menerangan versi kelas menengah sedangkan seri P akan merujuk pada seri Nexus untuk kelas Premium. Belum lama rasanya kita mengira seri Nexus ini akan hilang dari pasaran, kita lihat saja bagaimana kelanjutan Nexus ini kedepannya.

Doze ModeFitur “Doze mode” Di Android M

Sejauh ini fitur paling keren dari Android 6.0 Marshmallow yaitu “Doze Mode”. Memang versi Android M terbaru menawarkan berbagai fitur terbaru yang menarik seperti user facing control dan juga google Now on tap, namun fitur yang paling digemari pengguna Android M yaitu “Doze Mode”. Fitur ini mampu membuat smartphone kita benar-benar tidur tanpa harus dimatikan dan posisi standby layaknya mati suri ini akan sangat menghemat baterai. Kondisi smartphone akan berada dalam posisi hibernasi, dimana notifikasi penting akan tetap dapat masuk ke smartphone namun aktifitas background akan dimatikan sehiangga dapat menghemat baterai.

kamera Blackberry PrivSamsung bukan lagi satu-satunya vendor yang memiliki kamera bagus

Jika kita melihat dari sudut pandang yang lebih luas mengenai perkembangan kamera smartphone di tahun 2015, tak bisa dipungkiri bahwa smartphone Samsung memiliki kemampuan kamera yang paling bagus dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Hingga akhirnya lahirlah LG G Flex 2 dan LG G4 yang diikuti dengan jejeran seri Galaxy S6, Motorola Moto X Pure Edition, Nexus 6P dan Sony Xperia Z5 yang semuanya memiliki kamera smartphone terbaik saat ini. Tahun depan kita tak perlu lagi memilih smartphone berdasarkan vendor untuk mencari kamera bagus, namun akan banyak smartphone bermunculan dari berbagai vendor dengan kamera yang bagus.

Tahun 2015 sudah kita lewati dengan berbagai inovasi dan fitur-fitur berteknologi baru khususnya dari Android. Mulai dari holding company baru AlphabetInc. yang membawahi Google dengan CEO baru Goolge, Hadirnya dua seri Nexus dalam setahun, janji update rutin Android setiap tahun hingga teknologi baru yang bisa menghemat konsumsi baterai Android. Atau mungkin kalian ada lagi ide lain mengenai momen penting teknologi selama tahun 2015? Silahkan berbagi pendapat kalian di kolom komentar.