ArenaLTE.com – Hal yang paling merepotkan dari memindahkan file pada piranti smartphone maupun gadget lainnya adalah masalah kecepatan transfer data. Namun hal itu terjadi pada masa lalu, karena saat ini memori eksternal microSD SanDisk mampu mengirim data dengan lebih cepat. Perusahaan penyimpanan data eksternal ini, mengklaim mampu mengirim data sebesar 175MB dalam satu detik melalui produk barunya Extreme Pro UHS-II.

Diperkenalkan dalam pagelaran acara mobile World congress (MWC) 2016 di Barcelona, SanDisk mengungkapkan bahwa pengiriman cepat bisa mempermudah untuk mengirim file besar multimedia. Ada tiga varian produk yang diperkenalkan dalam keluarga seri Extreme Pro ini, ketiga produk tersebut hanya dibedakan dari kecepatan mengirim datanya.

Sepeti dikutip dari laman Android Police, mengungkapkan bahwa tiga seri produk microSD SanDisk terbaru yang diperkenalkan produsen hadir dalam tiga varian kecepatan transfer data berbeda. Seperti halnya Extreme Pro UHS-I yang diklaim memiliki kecepatan transfer data sebesar 90MBps, sedangkan seri yang mampu mengirim kecepatan hingga 275 Megabyte per detik adalah seri Extreme Pro UHS-II.

microsd sandiskBaca juga: Samsung Luncurkan MicroSD Waterproof 128GB dengan Harga 2,6 Jutaan

Seri ketiga ini memiliki dua varian kapasitas berbeda, yakni penyimpanan sebesar 64GB dan kapasitas penyimpanan 128GB. Varian produk kedua dan ketiga microSD SanDisk ini juga diklaim memiliki kecepatan penulisan data hingga 100Mbps, sedangkan kecepatan baca produk mampu mencapai bilangan dibawah 280Mbps.

SandDisk juga mengumumkan bahwa Extreme pro UHS-II baru akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini, yang akan dibanderol di pasaran sekira USD180 atau sekira IDR2,4 jutaan untuk versi 64GB. Sedangkan untuk penyimpanan versi 128GB, akan dibanderol dengan harga sekira USD300 atau sekira IDR4 juta yang juga diklaim akan diberikan garansi live time.

Namun sayangnya, hingga berita ini diturunkan belum ada informasi detail perihal seri Extreme Pro UHS-I yang memiliki kecepatan sedikit dibawah Extreme Pro UHS-II. Pun demikian, kabarnya keluarga seris produk terbaru dari SanDisk ini akan secara global dikirim pada kuartal-II 2016.