ArenaLTE.com – Kaskus yang berawal dikenal sebagai komunitas online asal Tanah Air baru saja kembali dari pagelaran acara Google I/O. Konferensi yang digelar khusus bagi para developer dunia, di Mountain View, California. Situs yang telah bermanuver menjadi social commerce platform  yang bernaung di bawah GDP Venture ini, menampilkan pengaplikasian dari Accelerated Mobile Pages (AMP) dan Progressive Web Apps (PWA) dalam pagelaran acara tersebut.

Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan teknologi terbaru dari Google dimana memungkinkan pengguna internet untuk browsing dan mengakses konten di perangkat mobile dengan cepat, mulus dan nyaman. Teknologi ini diaplikasikan oleh KASKUS melalui salah satu kanal popular yakni Forum Berita dan Politik. Sementara Progressive Web Apps (PWA) merupakan teknologi Google yang merupakan terobosan baru dalam memberikan pengalaman terbaik bagi sebuah web app dengan menggunakan sistem khusus meskipun tidak terhubung ke internet.

PWA juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan push notifications dari web yang dipilih dan bisa memasukkan web tersebut ke dalam home screen sehingga akses akan lebih mudah. KASKUS pun mengaplikasikan teknologi PWA di microsite KasQuiz (kasquiz.kaskus.co.id) yang kemudian menghadirkan versi baru KasQuiz yang menampilkan landing page, registration page, KasQuiz page dan Thank You (Score) page.

Andrew Darwis, Founder KASKUS menjelaskan, “Kebanggaan bagi kami atas undangan yang diberikan kepada KASKUS untuk menghadiri Google I/O sebagai salah satu early adopter teknologi terbarunya di Indonesia. Teknologi AMP yang diluncurkan oleh Google sangat membantu kami untuk memberikan pengalaman browsing yang nyaman bagi Kaskuser mengingat mayoritas Kaskuser mengakses situs KASKUS melalui perangkat mobile. Biasanya butuh waktu yang cukup lama bagi Kaskuser untuk membuka konten yang diinginkan, namun pengaplikasian AMP ini memudahkan Kaskuser mengakses konten dengan nyaman, cepat dan hemat data.”

“Kami berpartisipasi dengan Google PWA karena kami melihat teknologi ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan microsite KasQuiz secara lebih luas, khususnya bagi target kami para pengguna smartphone. Dengan PWA, kami bisa mengakomodir kebutuhan Kaskuser yang ingin mengakses KasQuiz dengan mudah di smartphone, dengan desain yang simple dan bisa diakses meskipun dengan kondisi internet yang tidak stabil,” jelas Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer KASKUS.

Dirinya menambahkan bahwa memang ada rencana kedepannya ingin membuat KasQuiz bisa lebih customize untuk beberapa event lainnya dan Kaskuser bisa melihat kuis atau games apa saja yang telah mereka ikuti.