ArenaLTE.com – Bulan ini, Huawei membuat momentum baru dengan meluncurkan smartphone Huawei P9. Ini bukan ponsel biasa, karena khususnya pada sektor kamera, diperkuat dengan teknologi dari Leica yang telah dikenal reputasinya di industri fotografi. Namun muncul kabar tak sedap, berbagai rumor menyebutkan Leica tak berperan dalam pengembangan kamera di Huawei P9.

Seperti dilansir dari PetaPixel (20/4/2016), menyebutkan sensor yang digunakan bukanlah buatan Leica sepenuhnya. Sensor kamera di Huawei P9 dan P9 Plus tersebut buatan Sunny Optical Technology of China. Perusahaan ini dipercaya oleh Leica dalam mendesain dan membuat sensor kamera di Huawei P9 dan P9 Plus. Sementara sensornya dibuat oleh Sony, yaitu sensor IMX286 dengan pixel berukuran 1,25 mikron.

huawei-leicaMenanggapi tuduhan tersebut, Huawei angkat bicara. Dengan tegas, perusahaan menyatakan bahwa laporan baru-baru ini yang menyatakan sebaliknya adalah tidak benar dan keliru. Dalam pernyataan yang dikirim kepada ArenaLTE.com, disebutkan Huawei P9 dan P9 plus adalah hasil dari kolaborasi pertama antara Huawei dan Leica mengikuti kesepakatan kemitraan jangka panjang yang diumumkan pada bulan Februari.

“Dari awal, Leica telah sangat terlibat dalam pengembangan perangkat tersebut. Terdapat kolaborasi teknologi yang signifikan antara Huawei dan Leica pada beberapa aspek untuk Kamera di Huawei P9 dengan Leica, P9 menetapkan standar baru dalam fotografi smartphone dengan dual-lens. Teknolog lensa yang diklaim membawa fotografi ponsel untuk memungkinkan konsumen menangkap warna yang terlihat hidup serta gambar hitam dan putih yang mencolok. Pengguna diklaim dapat mengambil gambar dengan tingkat kejernihan, kekayaan warna, dan otentisitas yang tinggi, serta desain smartphone yang tangguh.

Kunci dari kemampuan kamera di Huawei P9 terletak pada desain dual-camera yang sepenuhnya dapat memaksimalkan kekuatan lensa optik Leica. Lensa buatan Leica terkenal karena presisi dan fokus terhadap detil, serta mengikuti persyaratan penyaringan dengan kualitas yang paling ketat di industri.

Sensor Kamera RGB pada P9 dibuat khusus untuk menangkap warna, sedangkan sensor kamera monokromnya dapat menangkap detail gambar yang luar biasa. Kedua kamera belakang P9 berkerja bersamaan untuk memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan kedalaman detail dan warna yang superior. P9 benar-benar unggul dalam kondisi low-light, karena desain dual-camera menjamin untuk bisa menangkap lebih banyak cahaya dan detil yang rinci.