ArenaLTE.com – Sino, perusahaan riset asal Tiongkok, baru-baru ini merilis laporan laporan mengenai pasar ponsel di negara tersebut pada bulan April 2016. Data Sino menyebutkan bahwa Oppo berhasil menduduki peringkat pertama dalam penjualan melampaui Apple.

Menurut laporan Sino, sepanjang April tahun ini penjualan total unit ponsel di pasar Tiongkok mencapai 30.970.000 unit atau mengalami peningkatan 12% dari tahun lalu. Oppo berada di jajaran teratas dan bersama dengan 10 merek Tiongkok lain berhasil menyumbang 70% dari keseluruhan penjualan.

Di sisi lain, Sino juga mencatatkan jika pangsa pasar Apple dan Samsung hanya naik 11.9% dan 6.8%. Lebih jauh, perusahaan riset tersebut menyebutkan jika Oppo berhasil merangsek ke jajaran atas sejak dirilisnya smartphone ‘Selfie Expert’ yang terdiri dari F1, F1 Plus (atau R9 di Tiongkok) dan R9 Plus.

Ketiga produk ini mendapat apresiasi positifif di pasar Tiongkok. Di negeri Tirai Bambu, sang vendor gencar mempromosikan smartphone-nya dengan menggandeng brand ambassador seperti Li Yi Feng dan boyband Tiongkok, TFBoys, hingga melakukan kerjasama strategis dengan FC Barcelona untuk merilis edisi spesial pada model F1 Plus.

Varian paling mutakhir yakni F1 Plus Barcelona Edition dimana smartphone yang segera tersedia pertengahan Juni ini dibuat eksklusif dengan dukungan casing pelindung berwarna biru dengan cetakan laser tanda tangan Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, Ivan Rakitic dan Andres Iniesta.

F1 Plus Barcelona Edition kabarnya segera mendarat di Tiongkok, Singapura, Indonesia serta negara lain yang memang menjadi pasar utama Oppo. Sayang, perusahaan belum mengungkap harga jual smartphone ini. Di Tanah Air, ponsel ‘Selfie Expert’ versi standar alias Oppo F1 Plus dijual dengan harga IDR 5.499.000.

Oppo F1 Plus yang saat ini menjadi andalan utama sang vendor adalah perangkat yang menawarkan kekuatan di sektor kamera depan. Tengok saja, terbenam kamera selfie 16MP yang sudah didukung dengan fitur Beauty  4.0 sebagai jaminan hasil foto tajam dan natural.

Meski fokus di kamera, Oppo F1 Plus tetap tak melupakan sektor lain. Dapur pacunya mengandalkan prosesor delapan inti dengan clockspeed 2.0 Ghz, 4GB RAM dan 64 GB ROM yang dapat diekspansi hingga 128GB dengan microSD.