ArenaLTE.com – Kabar baik bagi pelanggan XL Axiata di Jogja dan sekitarnya. Mulai Rabu (11/5/2016), operator yang identik dengan warna biru tersebut resmi menggelar layanan 4G LTE yang lebih luas, lebih cepat dan lebih stabil. Layanan baru ini resmi diluncurkan dalam sebuah acara megah bertajuk “XL 4G LTE Celebration” berlokasi di komplek Candi Prambanan,  Sleman,  Jogjakarta.  “Sekarang kami dapat memenuhi kebutuhan warga Jogja akan layanan 4G yang lebih cepat dan stabil, ” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata.

Sebenarnya,  4G LTE XL sudah hadir di Jogjakarta sejak 2014 silam.  Namun ketika itu, masih menggunakan frekuensi 900 Mhz,  serta jumlah BTS 4G yang juga masih sangat terbatas.  Hanya 20 BTS.   Karena itu,  layanan 4G yang dinikmati masih sangat terbatas. Coveragenya pun masih seputaran pusat kota Jogja saja.

Namun kini,  XL mengembangkan layanan mutakhirnya itu dengan memindahkan frekuensi ke 1800 MHz,  yang kualitasnya lebih bagus,  menambah jumlah BTS menjadi 201 BTS yang sudah operasional,  dari target 215 BTS 4G untuk seluruh Jogja dan sekitarnya.  Kini, hampir keseluruhan wilayah DIY Jogjakarta sudah terjangkau layanan 4G LTE XL.  Makanya,  Dian berani mengklaim layanan 4G XL saat ini lebih besar,  lebih luas dan lebih stabil.

Jogja memang menjadi salah satu kota penting bagi XL.  Jumlah pengguna layanan operator yang identik dengan warna biru ini mencapai 1.4 juta pelanggan.  Tapi bukan itu yang membuatnya istimewa.  Bagi XL,  Kota Gudeg ini mencatatkan diri sebagi kota dengan pertumbuhan trafik data nomor enam tertinggi dari seluruh kota di Indonesia.  “Nomor satu adalah Bandung, ” kata I Gede Darmayusa, VP Service Management XL.  

Dan Gede yakin,  setelah peluncuran layanan 4G yang baru ini,  jumlah pengguna 4G juga akan meningkat tinggi.  “Biasanya begitu,” tandas Gede.