ArenaLTE.com – Menambah line produk menjadi taktik jitu yang dikembangkan para pelaku usaha online. Pun demikian dengan JD.ID yang mengungkapkan bahwa bermitra dengan perusahaan kosmetika asal Perancis, L’Occitane, adalah strateginya untuk menguatkan kategori produk barunya. Situs e-commerce asal Tiongkok yang masuk Indonesia juga menargetkan untuk menjadi marketplace di Tanah Air.

JD.ID pada awalnya dikenal sebagai e-commerce yang lebih menguatkan produk gadget dan smartphone. Hal ini diungkapkan perusahaan dari banyaknya transaksi yang berjalan setiap harinya. Karena pada awal kehadirannya banyak pelanggan Indonesia yang melakukan transaksi pembelian smartphone dan aksesori.

“Dari data yang sudah kami kumpulkan pembeli dari gender lelaki lebih banyak, ada sekitar 60%. Dan pembelian atau transaksi dari smartphone serta gadget lain, juga memiliki jumlah yang tinggi sekitar 20% hingga 30%,” jelas Wenni Setiorini, Head of Marketing JD.id, di sela pengenalan produk baru dari L’Occitane, di Jakarta (20/7/2016).

Ia melanjutkan bahwa kadiran brand L’Occitane menunjukkan kepercayaan mitra kepada perusahaan sebagai platform belanja online di Tanah Air. Dengan menggabungkan keahlian JD.ID di ritel online dan produk-produk premium dari L’Occitane yang berkualitas tinggi, kemitraan ini akan memperluas akses para pengguna JD.ID dan para loyalis L’Occitane untuk mendapatkan kebutuhanakan produk-produk premiumnya.

Hal senada juga diungkapkan Head of Marketing L’Occitane, Lina Darmali, menjelaskan bahwa “Karakteristik” pasar online di Indonesia terus berkembang, termasuk salah satunya meningkatnya pola belanja online.

”Kami yakin dengan menjalin kerjasama dengan JD.ID akan melengkapi aksesbilitas belanja online yang telah kami milikiserta membantu kami untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi di seluruhkota besar di Indonesia dan menempatkan produk kami di jajaran terdepanpilihan belanja online mereka,” ujarnya.

JDID

Berencana Menjadi Market Place

Selain memperluas kategori produk yang disebutkan perusahaan sekarang sudah terdapat 12 macam kategori, JD.ID juga berharap bisa menjadi marketplace di Indonesia. Hal ini direncanakan karena telah memiliki warehouse atau gudang sendiri yang berada di wilayah Cimanggis, Depok.

Marketplace menjadi salah satu rencana kami, produk-produknya kita kumpulkan yang sebelumnya dipilih,” Jelas Wenni Setiorno. Pihaknya juga mengungkapkan sedang merencanakan akan membuka hub-warehouse di setiap lokasi. Sehingga pengantaran dan stok barang di setiap kota di Indonesia bisa terjamin baik.