Jawa Timur Menjadi Pasar Terbesar Alfacart.com

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Jika Jabodetabek biasanya menjadi pasar terbesar berbagai sektor industri konsumen, tidak demikian dengan situs e-dagang milik jaringan Alfamart yaitu Alfacart. Provinsi Jawa Timur, khususnya daerah Malang dan Sidoarjo, justru tercatat sebagai pasar paling besar bagi Alfacart.

Secara wilayah, Jawa Timur menjadi pasar terbesar (42%) disusul Jabodetabek (33,69%) dan Jawa Tengah (17,66%). Untuk peringkat per kota, Malang menjadi kota dengan jumlah transaksi terbesar pertama (12,061%) dan Sidoarjo berada di posisi ketiga (6,061%) setelah DKI Jakarta (14,212%).

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Executive Officer, Alfacart.com, mengatakan data transaksi terbaru di tiga bulan pasca peluncuran sangat menggembirakan. Karena selain kehadiran Alfacart.com disambut baik oleh pasar, juga menemukan fakta baru bahwa pasar e-Dagang tidak lagi hanya terkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.alfacart-cart


"Wilayah di luar Jakarta, terutama di Jawa Timur seperti Malang dan Sidoarjo, serta kota-kota lain seperti Rembang, Klaten, Pontianak, serta Makassar pun menjadi pasar yang harus semakin dicermati agar kami tepat dalam menghadirkan layanan yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan mereka yang tentunya sangat beragam,” ujar Catherine.


Wanita berparas ayu ini menambahkan, banyaknya transaksi dari luar wilayah Jakarta mengindikasikan tingginya keinginan konsumen, terutama yang tinggal di daerah-daerah, untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh barang atau produk-produk terkini, dengan kualitas sama, periode waktu yang tidak berbeda, dan harga yang tidak terlalu timpang atau bahkan setara. "Melalui pembelian di Alfacart.com, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat terpenuhi,” tuturnya. 


Kategori Produk Paling Diminati di Alfacart


Selain belanja fashion dan gadget, pelanggan Alfacart.com diungkapkan memiliki keunikan preferensi belanja tersendiri. Mereka juga meminati belanja kategori-kategori yang selama ini banyak dipilih konsumen untuk belanja langsung, seperti belanja makanan dan minuman, belanja keperluan rumah dan dapur, serta belanja untuk perlengkapan kantor.


Untuk kategori makanan dan minuman bahkan menempati posisi teratas di beberapa kota, termasuk Malang dan Sidoarjo. Kategori produk-produk lain dari Alfacart.com yang kini banyak diminati adalah kategori kebutuhan bayi, anak dan mainan, kesehatan dan kecantikan.


Strategi Online-toOffline (O2O) 


Catatan menarik lainnya dari laporan triwulan Alfacart.com, pendekatan belanja O2O khususnya Layanan Pick Up di Toko Alfamart mendapatkan respon tinggi, baik itu pelanggan di wilayah Jakarta maupun di luar Jakarta. Sebanyak 84% pelanggan di wilayah Jakarta dan 90,73% pelanggan di luar Jakarta melakukan pengambilan barang di toko Alfamart yang berfungsi sebagai pick up point.


Menurut Catherine, kecenderungan mayoritas pelanggan mengambil atau membayar barang-barang yang dibelinya di toko-toko Alfamart yang menjadi pick up point. Hal ini dianggap merupakan konfirmasi efektivitas kolaborasi Alfacart.com dengan lebih dari 7000 toko Alfamart di seluruh wilayah Indonesia. 


 “Layanan O2O juga membantu para konsumen yang belum memiliki kartu debit atau kartu kredit untuk tetap dapat menikmati belanja kebutuhannya di Alfacart.com. Dukungan jaringan Alfamart juga membantu optimalisasi distribusi produk-produk yang dipesan dari Alfacart.com ke tangan pelanggan,” pungkas Catherine. 



Leave a Comment