ArenaLTE.com – Telkomsel sudah melakukan langkah antisipasi terkait lonjakan trafik yang mungkin terjadi pada Natal dan Tahun Baru 2016. Operator tersebut melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Telkomsel juga melakukan uji jaringan di beberapa area dan jalur utama yang berpotensi menjadi pusat keramaian seperti tempat wisata dan pusat belanja.

Telkomsel berfokus pada uji jaringan layanan data yang penggunanya terus mengalami peningkatan lonjakan trafik dari tahun ke tahun. “Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data. Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com

Terkait lonjakan trafik, ia menambahkan, Telkomsel telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga. Selain itu kehadiran 4G LTE di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband.

Untuk Natal dan Tahun Baru 2016, Telkomsel memprediksi lonjakan trafik layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Milyar menit atau naik 6,4%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Milyar SMS atau naik 18,8% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Sebagai langkah antisipasi, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60% dari tahun 2014. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7% dari tahun 2014). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelangan.

Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu sebanyak 100.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.

Demi menghadapi lonjakan trafik, Telkomsel juga telah melakukan identifikasi terhadap 665 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di momentum Natal dan Tahun Baru 2016 yang dikenal dengan sebutan Premium, atau singkatan dari: Public Services, Religious Events, Entertainment Events, Malls and Shopping Center, Indoor Events, Uniqueness dan Massive Crowd.

Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk  menjamin kualitas jaringan atau lonjakan trafik selama Natal dan Tahun Baru tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI,  menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.