ArenaLTE.com – Setelah berhasil dijalankan oleh Smartfren, kini giliran Indosat Ooredoo yang mengimplementasikan teknologi jaringan 4G LTE-A (Advanced). Sama halnya dengan Smartffen, Indosat juga mempercayakan deployment 4G LTE-A ke vendor jaringan Nokia Networks. Sebagai tahap awal, Nokia Networks bakal membangun 4G LTE-A di 35 kota utama di Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sumatera hingga akhir tahun ini.

Dengan dukungan teknologi carrier aggregation, jaringan Nokia Networks akan memadukan spektrum frekuensi 900 Mhz dan 1.800 Mhz. Dari kontrak, tim Global Services Nokia Networks akan menempatkan eNode B untuk base station 4G LTE di beberapa kota besar di tiga wilayah tersebut. Tim tersebut juga telah mengagregasikan dua carrier di pita spektrum 900 MHz dan 1.800 MHz untuk memberikan kecepatan downlink hingga 150 Mbps kepada pelanggan Indosat di wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Fokus dari implementasi 4G LTE-A adalah peningkatan kualitas untuk berbagai layanan yang membutuhkan data besar seperti multimedia streaming, game online, penyimpanan cloud, dan video conference. Solusi dan layanan yang disediakan Nokia Networks untuk 4G LTE Indosat antara lain berupa perencanaan jaringan dan optimasi, desain dan layanan implementasi, serta layanan hardware. Kemudian radio akses Single RAN Advanced, termasuk 10 BTS Flexi Multiradio Software untuk mengagregasikan LTE carrier di kedua pita spektrum 900 MHz dan 1800 MHz.

“Sebagai mitra yang mengerti kebutuhan kami dan solusi yang sesuai dengan persyaratan dari kami, Nokia Networks memainkan peran penting dalam mewujudkan visi perusahaan untuk memberikan pengalaman mobile broadband terbaik di kelasnya, di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan,” ujar Aleander Rusli, seperti dikutip dari telecomasia.net.