ArenaLTE.com – Pergerakan Smartfren dalam pengembangan layanan 4G LTE terbilang sangat cepat. Dalam waktu dekat, operator anak perusahaan Sinar Mas ini hanya dalam waktu singkat, jaringan 4G LTE Smartfren telah menjangkau di 85 kota di seluruh Indonesia.

“Pengembangan jaringan 4G LTE ini merupakan komitmen Smartfren untuk terus mempercepat penetrasi penggunaan layanan 4G LTE di kalangan masyarakat,” ujar Direktur Smartfren Merza Fachys saat jumpa pers di bilangan Senayan, Jakarta (25/01/2016).

Merza menambahkan, pihaknya mulai meluncurkan layanan generasi keempat ini secara komersil pada Agustus 2015. Pada waktu itu jaringan 4G LTE Smartfren hanya 22 kota. Ada penambahan 63 kota hanya dalam kurun waktu kurang dari setengah tahun yang mana hingga akhir Desember 2015 tercatat 85 kota.

“Ini membuat Smartfren menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang saat ini memiliki jaringan 4G LTE terluas. Juga satu-satunya yang memiliki dua teknologi LTE sekaligus yaitu TDD dan FDD,” ujar Merza dengan bangga.

Bagi Smartfren, ini menjadi prestasi yang besar. Menurut Merza, tidak mudah untuk membangun infrastruktur jaringan di Indonesia yang sangat luas. Dalam pengembangan jaringan 4G LTE Smartfren, operator ini menggandeng ZTE dan Nokia sebagai infrastructure partner.

Nokia menggarap pembangunan BTS 4G LTE di Indonesua bagian barat meliputi Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera. Sementara ZTE mengembangkan infrastruktur di wilayah Timur Indonesia meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi