ArenaLTE.com – Tahun 2016 memang belum berakhir. Namun OpenSignal, perusahaan mapping wireless coverage yang berbasis di Inggris sudah mengeluarkan informasi tentang kecepatan dan jangkauan 4G LTE (Long Term Evolution) yang terbaik di tahun ini.

Dalam laporan terbarunya, OpenSignal yang akrab dalam wujud aplikasi pengukur kecepatan koneksi seluler ini memberi beberapa komparasi yang menarik. Dikutip dari situs Androidauthority.com, OpenSignal menyebut kecepatan koneksi rata-rata 4G LTE di dunia adalah 17,4 Mbps. Sementara beberapa negara telah menembus rata-rata koneksi melebihi 20 Mbps. Ini naik dari rata-rata kecepatan 12,6 Mbps pada waktu yang sama di tahun lalu.

Negara-negara tercepat terus secara dramatis meningkatkan kecepatan download rata-rata mereka. Namun uniknya ada beberapa negara yang terkenal sarat dengan pembangunan teknologi tinggi seperti India, bahwa rata-rata kecepatan koneksi 4G LTE di India hanya 6,4 Mbps. OpenSignal memastikan bahwa saat ini 4G LTE sudah menjadi tren teknologi yang lebih umum ketimbang teknologi sebelumnya, yakni 3G dan 2G.smartphone 4G LTE tak resmi

Secara lebih terperinci OpenSignal memberi peringkat lima negara dengan kecepatan koneksi terdepan dan koneksi 4G LTE terbaik di tahun 2016.
1. Singapura – 45.9 Mbps
2. Korea Selatan – 45,8 Mbps
3. Hungaria – 40,6 Mbps
4. Rumania – 35,6 Mbps
5. Selandia Baru – 34,9 Mbps

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat dan Inggris yang terkenal dengan inovasi dan layanan mobile broadband, tidak termasuk dalam lima besar. OpenSignal menyebut rata-rata kecepatan 4G di AS hanya 13 Mbps, sementara Inggris di level 21 Mbps.

Baca juga: 
Kenapa Kecepatan Internet 4G LTE Belum Maksimal? Ini Penjelasannya
10 Smartphone 4G LTE Kamera Terbaik 2016

Parameter di atas adalah peringkat negara berdasarkan kecepatan 4G LTE. Tapi kualitas layanan bukan sebatas bicara tentang kecepatan, coverage alias jangkauan layanan juga menjadi faktor yang menentukan. Dan OpenSignal memberi peringkat lima negara dengan jangkauan 4G LTE tedepan, yaitu:

1. Korea Selatan – 95,7%
2. Jepang – 92%
3. Lithuania – 84,7%
4. Hong Kong – 84,5%
5. Belanda – 84,1%

Nah, di mana posisi Indonesia? Jangan berharap banyak. Alih-alih berada di jajaran lima besar atau 10 besar, melainkan lima terbawah atau paling lambat. Kecepatan rata-ratanya adalah 8,79 Mbps. Sangat kontras jika dibandingkan dengan negara tetangga Singapura.