ArenaLTE.com – Tumbuh suburnya bagunan-bangunan besar dengan ruang indoor raksasa, nyatanya berimbas positif pada pasar teknologi WiFi locations. Teknologi WiFi locations ini memang dirancang khusus untuk menjadi solusi koneksi area urban (perkotaan) yang padat akan gedung tinggi dan jalan-jalan yang sempit.  Lembaga ABI Research bahkan menyebut pasar WiFi locations ini telah meningkat hingga 400 persen dari tahun ke tahun.

Dorongan tumbuhnya pasar WiFi locations disokong oleh kombinasi dari peran start up dan vendor pengusung akses WiFi, seperti Cisco Systems, Ruckus Wireless, dan Zebra Technologies, yang mengadopsi model penetapan harga baru, teknologi, dan sejumlah besar mitra platform untuk membantu menawarkan dunia retail konsep bisnis baru.

“Pada masa lalu deployment platform WiFi locations dikenal mahal dan tidak idela untuk pendekatan kepada pelanggan. Namun kemudian dunia retail memahami bahwa peran WiFi locations di pusat-pusat belanja dapat mengumpulkan analisis pelanggan,” ujar Patrick Connolly, analis utama di ABI Research, seperti dikutip dari situs Telecomasia. Patrick menyebut penggunaan iBeacons baik untuk keterlibatan iklan, namun terbatas dalam dukungan analisis data pelanggan. Di AS, iBeacons dikemas oleh aplikasi pihak ketiga, seperti Zebra Technologies.

WiFi LocationsSementara itu,  analisis WiFi start-up yang independen seperti Euclid, Walkbase, Cloud4Wi, dan Purple, mengalami pertumbuhan yang cepat dari basis pelanggan mereka selama dua tahun terakhir, bahkan memperluas  ritel ke tempat-tempat umum seperti perhotelan, stadion, bandara, dan area lingkungan kota.

Dunia retail kini mulai terbiasa dengan WiFi dan iBeacons, namun industri nyatanya sudah bergeser ke arah generasi baru teknologi, seperti medan magnet, sensor fusion, dan Google Project Tango. Banyak WiFi dan vendor beacon juga mengembangkan akurasi tinggi untuk solusi mereka sendiri.

Dasar dari WiFi locations adalah WiPS (WiFi Based Positioning System), artinya untuk pointing suatu lokasi, WiPS bekerja standalone. Teknologi ini dirancang untuk area urban (perkotaan) yang padat akan gedung tinggi dan jalan-jalan sempit. Bertebarnya hotspot WiFi menjadikan WiPS telah layak untuk digunakan saat ini. WiPS adalah teknologi kreasi dari Spotigo GmBH, sebuah peruahaan software internet yang berbasis di Dusseldorf, Jerman. Konsep kerja WiPS tak terlalu rumit, yakni memanfaatkan pola kombinasi antar sinyal hotspot.