ArenaLTE.com – Raksasa elektronik Samsung semakin berambisi mengembangkan teknologi Internet of Things (IOT) sebagai sebuah visi nyata yang bisa dibawa dalam kehidupan. Di ajang konferensi pers IFA 2015 di Berlin, Jerman, perusahaan menampilkan berbagai perangkat yang terhubung baru dan layanan IOT Samsung.

Kontribusi terbaru perusahaan untuk ekosistem IOT Samsung berkembang pesat. Hal ini karena berakar dalam filsafat inti perusahaan untuk IOT Samsung: kolaborasi keterbukaan, lintas-industri dan yang paling penting adalag pendekatan yang terpusat pada kebutuhan manusia

“Bagi Samsung, IFA 2015 adalah segala hal tentang Internet of Things. Kami yakin bahwa layanan IOT Samsung akan merevolusi dunia elektronik konsumen, dan ini adalah kesempatan kami untuk memberikan informasi kepada Anda sudah seberapa jauh yang telah kami lakukan hanya dalam satu tahun, “kata Dr WP Hong, Chief Marketing Officer untuk Samsung Electronics.

Ia menuturan jika Samsung menjual lebih dari 300 juta produk untuk konsumen Eropa. Produk Samsung, lanjutnya, digunakan oleh 85 juta orang Eropa – di rumah, dan di tempat kerja. “Tidak ada organisasi manapun yang lebih baik dalam dapat memastikan bahwa revolusi industri terbaru didorong tidak oleh teknologi, tapi oleh harapan masyarakat. Visi kami adalah bahwa IOT Samsung yang dapat ‘Sinkronisasi Dengan Kehidupan’ (‘In Sync With Life’), itulah IoT untuk Anda.”

IFA2015_allproducts

Samsung SmartThings Hub, dengan Solusi ‘Smart Home Monitor’

Samsung SmartThings meluncurkan line-up baru yang lebih kuat dan lebih mudah untuk menggunakan perangkat IoT,. Menurut Alex Hawkinson, pendiri dan CEO dari SmartThings, supaya Internet of Things berhasil, perangkat IOT harus dibuat sangat user-friendly.

Samsung baru SmartThings Hub memiliki prosesor yang lebih kuat yang memungkinkan pemantauan video, dan termasuk baterai cadangan yang berlangsung hingga 10 jam dalam kasus pemadaman listrik. Menyeimbangkan privasi dengan keamanan, kemampuan pemantauan video memungkinkan orang untuk mengakses livestream setiap saat, namun hanya catatan video saat kejadian tak terduga, seperti gerak dengan pintu depan, terdeteksi.

SmartThings juga memperkenalkan solusi baru yang disebut ‘Smart Home Monitor’ yang menyediakan menyatukan akses dan kontrol terhadap gangguan, asap dan api, kebocoran dan banjir, dan masalah rumah tangga umum lainnya dengan cara memberikan pemberitahuan real-time dan klip video dari beberapa kamera melalui aplikasi SmartThings.

Personalisasi Individu dengan Samsung SleepSense

Tidur malam yang baik adalah salah satu faktor yang paling penting untuk hidup sehat, dan Samsung SleepSense membantu konsumen untuk lebih memahami dan mengelola tidur mereka. Sensor dalam bentuk disk datar, dan hanya dengan menempatkannya di bawah kasur tempat tidur, alat ini memantau tanpa kontak ke detak hati seseorang dan pernapasan termasuk gerakan saat tidur.

SleepSense adalah perangkat terhubung yang membantu menciptakan lingkungan terbaik untuk jatuh dan tinggal tidur. Terhubung ke peralatan IOT Samsung serta perangkat IoT pihak ketiga; misalnya, ketika pengguna tertidur, aplikasi akan secara otomatis mematikan televisi, dan menyesuaikan pemanas atau pendingin udara untuk lingkungan tidur yang sempurna.

Berdasarkan skor tidur SleepSense dan laporan setiap hari, yang dapat dilihat pada smartphone pengguna, aplikasi ini menyediakan saran ahli dan rekomendasi, yang juga mempertimbangkan metabolisme masing-masing individu – hasil dari kolaborasi dengan Dr. Christos Mantzoros dari Harvard Medical School. SleepSense memberikan akurasi hingga 97% dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

Memperluas Ekosistem UHD dengan Konten Kunci dan Mitra

Samsung berkomitmen untuk memperluas ekosistem UHD melalui kemitraan dengan perusahaan termasuk Amazon, Netflix, Wuaki, Chili, Strefa VoD, Videoland, dan Videoload, serta mitra siaran regional di seluruh Eropa, termasuk Canal Plus, British Telecom (BT) dan HD+, yang semuanya penting untuk menciptakan dan memberikan konten UHD ke konsumen di seluruh dunia.

Kemitraan dengan para pemimpin global di industri UHD, Samsung membawa penyiaran UHD komersial ke pasar, sehingga pengguna dapat menikmati acara favorit mereka dan program di kualitas gambar premium yang mereka inginkan.

Samsung juga telah bermitra dengan GameFly untuk meluncurkan GameFly Streaming – sebuah layanan berlangganan yang membawa permainan favorit dunia ke ruang tamu – tanpa perlu konsol, kabel atau cakram. GameFly bekerja dengan cara men-streaming beberapa judul populer melalui Internet, termasuk permainan Batman: Arkham Origins, Lego Batman 3, GRID 2 dan HITMAN Absolution – semua tersedia langsung pada Samsung Smart TV.

Komitmen Samsung No.1 adalah menyediakan TV yang menghasilkan pengalaman menonton terbaik bagi penggunanya. Samsung SUHD TV yang mampu menampilkan kualitas gambar High Dynamic Range (HDR) yang menampilkan kontras yang lebih tinggi, warna yang lebih cerah, menyajikan detail bayangan dan highlight yang berbeda. Secara keseluruhan, gambar tampil lebih hidup dan otentik dari sebelumnya.

Para pemilik Samsung TV ini dapat berlega hati karena TV mereka adalah yang pertama di pasar yang mendukung spesifikasi baru HDMI 2.0a, yang memungkinkan transmisi HDR metadata di sumber HDR-kompatibel eksternal. Pembaruan perangkat lunak memberikan pemilik SUHD TV dengan kualitas gambar yang paling hidup yang tersedia saat ini. Pembaharuan firmware ini ditujukan untuk memperluas spektrum HDR konten yang tersedia bagi konsumen, serta menetapkan standar yang sama sekali baru untuk industri TV dan hiburan pada umumnya.

Selanjutnya, pelanggan dapat menikmati ini kualitas gambar yang superior pada berbagai televisi melengkung Samsung, yang memberikan pengalaman menonton yang benar-benar hidup yang dikombinasikan dengan desain ramping yang sesuai dan berbaur dengan interior di rumah mereka. Pelanggan dapat memilih dari 28 pilihan Samsung Curved SUHD TV yang menakjubkan – mulai dari ukuran 48 inci sampai 105 inci.

Untuk lebih memberikan lebih banyak pilihan untuk konsumen dalam mengkonsumsi konten UHD favorit mereka, Samsung memperkenalkan produk terbaru: Ultra HD Blu-Ray Player yang mendukung UHD Blu-ray playback disc. Pemutar disket UHD Bluray mampu memberikan empat kali resolusi dan 64 kali lebih tinggi dibandingkan dengan ekspresi warna Blu-ray standar, mampu men-upscaling konten dari disket apapun untuk memberikan pengalaman menonton gambar dengan kualitas mendekati resolusi UHD. Selain itu, juga tersedia layanan Streaming 4K. Ultra HD Blu-Ray Player memiliki desain ramping dan lengkung – sangat sempurna mendampingi Samsung Curved SUHD TV.

Samsung AddWash – Mesin Cuci yang Pintar dan Terhubung

Samsung WW8500 Samsung AddWash adalah mesin cuci pertama di dunia yang memungkinkan konsumen untuk menambahkan laundry pada setiap titik siklus mencuci, berkat inovasi ‘Add Door’. Dengan mudah menekan tombol pause, lalu drum berhenti berputar, dan memungkinkan untuk menambah laundry untuk mencuci, apakah itu seragam yang harus siap untuk latihan sepak bola besok atau sweater atau bahkan jins, yang tidak termasuk dalam cucian kotor sebelumnya. AddWash juga menawarkan perawatan mencuci ke tingkatan baru dalam hal mencuci bahan pakaian yang harus dicuci dengan tangan, karena sekarang dapat  dilakukan dengan mesin cuci tepat pada awal siklus bilas.

Samsung AddWash juga terhubung yang bekerja dengan baik Android dan perangkat iOS, memungkinkan konsumen untuk jarak jauh memantau dan mengoperasikan mesin serta menerima berbagai pemberitahuan langsung ke smartphone mereka. Produk baru WW8500 ini membantu konsumen mendapatkan hasil cucian lebih cepat dan lebih baik laundry berkat siklus SuperSpeed, yang dapat mencuci beban normal dalam waktu kurang dari satu jam. Mesin cuci ini juga memiliki SuperSpray, yang menggunakan sebuah jet air untuk membilas deterjen lebih efektif. Fungsi ecobubble ™ diperbaharui sehingga dapat menciptakan gelembung tebal yang intens menembus kain 40 kali lebih cepat dibandingkan campuran air dan sabun biasa, dan memberikan hasil cuci yang luar biasa bahkan dalam air dingin.

Kolaborasi dengan BMW dan Volkswagen

Samsung melihat mobil sebagai bagian penting dari ekosistem IoT muncul, dan sedang bekerja sama dengan beberapa pembuat mobil terkemuka untuk berinovasi dalam ruang otomotif.

Samsung SmartThings akan segera mengintegrasikan mobil BMW dengan menampilkan pemberitahuan dari SmartThings Hub langsung pada dashboard. Pada gilirannya, aplikasi SmartThings memungkinkan untuk memeriksa status teknis BMW Anda, dan bahkan mengunci dan membuka mobil dari jarak jauh.

Samsung juga mengumumkan detil kemitraan dengan Volkswagen, yang akan menawarkan pengemudi atas sebuah pengalaman berkendara yang terkoneksi dengan mulus melalui CarMode for Galaxy, sebuah aplikasi yang memberikan nilai tambah untuk pengalaman berkendara didukung oleh MirrorLinkTM, standar industri terkemuka untuk konektivitas mobil. CarMode for Galaxy, dikendalikan oleh sentuhan dan suara didukung oleh S-Voice, memungkinkan Anda mengambil panggilan dengan mudah dan aman, mendengarkan playlist favorit Anda, atau mendapatkan arah ke tujuan Anda; bahkan membaca Anda pesan teks yang masuk keras. Pengguna dapat menikmati semua fitur melalui CarMode for Galaxy, aplikasi mobile bahkan dalam mobil tanpa fungsi mirroring.

Kemitraan Volkswagen juga mengintegrasikan aplikasi Volkswagen Car-Net e-Remote. Aplikasi ini menghubungkan Samsung GearS2 dengan berbagai kendaraan Volkswagen, memungkinkan interaksi mulus langsung dari pergelangan tangan Anda. Lokasi di mana Anda memarkir mobil Anda, menyalakan AC sebelum Anda kembali ke mobil Anda di hari yang panas, atau mengelola tingkat baterai mobil Volkswagen listrik Anda, Samsung dan Volkswagen menghubungkan mobil dan perangkat wearable ke tingkat yang baru.

“Semua inovasi Samsung dalam hal IoT,” kata Dr WP Hong, “adalah sebuah pendekatan yang telah dilakukan sejak lama, kami meneliti dan mengamati kehidupan sehari-hari, dan mencari hal-hal di luar yang terlihat untuk menemukan cara-cara inovatif untuk memperkaya mereka, dengan mengubah momen sehari-hari menjadi pengalaman yang menyenangkan. Filosofi ini tidak akan berubah selama kami memimpinnya untuk masa depan yang lebih pintar, lebih terhubung, dan lebih manusiawi bagi kita semua. “