Operator GSM Tri mengklaim telah sukses melayani pelanggan selama Idul Fitri  2015. Perayaan hari raya umat muslim ini selalu disertai dengan peningkatan trafik di jaringan operator milik PT Hucthison 3 Indonesia tersebut.  Secara umum terjadi peningkatan trafik pada semua layanan, khususnya lonjakan signifikan layanan data Internet Tri yang meningkat 126% dibandingkan Idul Fitri tahun lalu.  Namun demikan, mereka menganggap mampu melayani pelanggan tanpa kendala yang berarti

Arum K Prasodjo, Senior Manager Public Relations & Media Tri mengatakan kepada ArenaLTE.com bahwa peningkatan trafik seluruh layanan telah terjadi sepanjang musim libur Idul Fitri ini. “Trafik data mengalami lonjakan  22% dibandingkan trafik hari biasa atau 126% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Meskipun banyak orang mulai menggunakan pesan OTT (over the top) yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan signifikan trafik data, trafik SMS dan suara masih meningkat masing-masing sebesar 12% dan 3% dibandingkan tahun lalu,” ujar Arum saat dihubungi melalui layanan pesan OTT WhatsApp.

Dijelaskan lebih lanjut, peningkatan trafik perlahan menurun tepat di hari Lebaran. Berdasarkan pola trafik tahun lalu,  peningkatan trafik akan kembali terjadi pada beberapa hari kemudian. Peningkatakan trafik terjadi di kota kota kunjungan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur  dan Sumatera.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata. Untuk layanan Internet Tri, telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 30%. Sebagai informasi, pada hari biasa diluar Ramadhan, trafik data internet Tri yang ditampung oleh jaringan mencapai lebih dari 1,200 TB (Terabyte) per hari.

Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh 37.676 unit BTS terdiri atas 17.069 BTS 3G  dan 20.607 BTS 2G (per Q1 2015) yang telah LTE ready. Sinyal Tri telah melayani 86% penduduk Indonesia, dinikmati oleh 54.8 juta pelanggannya (per Q1 2015) yang 52% diantaranya adalah pelanggan data bergerak.