ArenaLTE.com – Facebook amat gencar untuk mendorong partisipasi penggunanya untuk berkirim konten foto dan video. Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Facebook kini sedang mengembangkan sebuah aplikasi kamera Facebook khusus. Aplikasi ini masih dalam tahap awal dan dikatakan dikembangkan oleh tim Facebook “friend sharing” di London.

Sebenarnya aplikasi Facebook Mobile sendiri sudah dilengkapi dengan fitur built in akses ke kamera, pengguna dapat secara langsung berkirim dan berbagi foto/video tanpa harus keluar dari aplikasi Facebook Mobile. Namun memiliki fitur kamera built-in dalam aplikasi mobile Facebook tidak cukup rupanya.

Dengan aplikasi kamera Facebook khusus ini, pengguna nantinya tidak perlu masuk ke aplikasi Facebook, melainkan cukup gunakan aplilasi kamera standalone, untuk kemudian hasilnya di upload ke Facebook.

Namun belum jelas benar apakah model aplikasi ini efektif atau tidak, mengingat fitur kamera default yang sudah embedded pun hasil fotonya dapat di share ke Facebook. Kabarnya gagasan ini dilakukan untuk mendorong partisipasi pengguna untuk lebih banyak mengirimkan foto dan video di Facebook.

Berbicara tentang aplikasi standalone, justru Facebook pada tahun 2014 lalu telah menghapus dua aplikasi bergenre tersebut. Ada dua aplikasi standalone yang dihapus Facebook dari iTunes App Store, toko aplikasi iOS milik Apple. Aplikasi buatannya itu mencakup Poke dan aplikasi kamera. Kedua aplikasi ini secara eksklusif hadir di perangkat iOS saja.

Aplikasi Poke sendiri diluncurkan pertama kali pada 2012 silam. Aplikasi itu memungkinkan pengguna bisa mengirim foto, tanda ‘poke’, dan pesan lainnya ke sejumlah teman pengguna Facebook. Di kemudian hari, fitur Poke ini dipandang sebagai saingan dan mencoba meniru Snapchat, aplikasi instant messenger yang telah lama hadir di parangkat mobile.

Pasalnya, Poke meniru fitur populer yang ada di Snapchat. Hal itu berupa, pesan dan foto yang dikirim pengguna ke penerimanya secara otomatis akan lenyap setelah periode waktu tertentu. Jadi, tidak seperti aplikasi pesan mobile lainnya, tidak ada riwayat percakapan pesan antar pengguna Poke.

Sementara itu, aplikasi kamera memungkinkan pengguna bisa mengambil foto, mengedit filter, dan memiliki fitur berbagi foto. Sayangnya, di waktu bersamaan saat peluncuran aplikasi ini, pihaknya telah membeli layanan berbagi foto yang cukup populer di pengguna iOS, Instagram senilai US$ 1 miliar. Sehingga, keberadaan Poke menjadi mubazir bagi Facebook.