ArenaLTE.com – Aplikasi berbagi foto di media sosial, Instagram, akhirnya mengumumkan penggunaan multi akun di  OS Android dan iOS. Sejak tahun lalu, layanan berbagi foto yang kini dimiliki oleh Facebook tersebut diketahui tengah menguji fitur multi akun, namun baru-baru ini dirilis resmi ke publik.

Pengumuman disampaikan melalui akun Twitter resmi milik Instagram yang menuliskan: ”Mulai pekan ini, Anda bisa berpindah-pindah akun!” Pengumuman penggunaan multi-akun ini disampaikan sekitar pukul 02.00.

Dikutip dari Ubergizmo.com, melalui pesan di Twitter tersebut, mereka juga mengarahkan followers mereka untuk membaca informasi lebih lanjut melalui link help.instagram.com/1682672155283228. Instagram membebaskan penggunanya untuk memiliki dan membuka beberapa akun sekaligus dalam satu aplikasi.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam halaman bantuan Instagram, penambahan akun lain pada aplikasi dibatasi hingga lima akun saja. Pembaruan fitur dalam aplikasi ini tersedia pada versi Instagram 7.15 di iOS dan Android. Pengguna dapat memperbarui aplikasi mereka melalui App Store dan Google Play Store.

Dengan pembaruan aplikasi ini, pemilik multi-akun tidak perlu lagi keluar-masuk (log inlog out) aplikasi setiap ingin membuka akun kedua atau ketiganya. Fitur multi-akun ini ditunggu banyak pengguna karena ada yang menggunakannya secara pribadi dan bisnis sekaligus.

Aplikasi tersebut kini banyak dimanfaatkan oleh wiraswasta, perusahaan besar, hingga perusahaan pengiklan. Sekitar empat hari lalu, Instagram menguji coba multi-akun pada aplikasi mereka yang berada pada sistem iOS. Sedangkan uji coba untuk aplikasi pada sistem Android telah dilakukan sejak November 2015.

Pengguna yang memiliki akses ke multiple account akan melihat opsi tambahan di menu Setting untuk menambah akun lain dengan pilihan “Add Account”. Ketika akun kedua atau ketiga ditambahkan, menukar akun bisa dilakukan dengan beberapa sentuhan saja.  Notifikasi untuk Like dan Comment juga akan dipisah. Ini agar pengguna mengetahui akun mana yang menerima notifikasi.