ArenaLTE.com – Instagram baru saja meluncurkan aplikasi baru yang diberinama Boomerang. Ini adalah aplikasi untuk meng mengubah berbagai momen dalam keseharian pengguna menjadi video yang lucu dan tidak terduga. Videonya Boomerang tampil dengan cirri khas unik, yakni hanya berdurasi satu detik. Anda hanya bisa memutar video kemudian mengulanginya. Ini berbeda dengan Instagram Boomerang, Anda bisa memutar video, rewind dan memutarnya lagi. Diputar berulang-ulang secara bolak-balik, atau maju-mundur seperti sebuah bumerang senjata penduduk asli Australia. Semisal Anda merekam teman yang sedang meniup lilin kue ulang tahunnya, maka Anda dapat melihat lilin tersebut mati lalu kembali menyala lagi.

Dikutip dari Ubergizmo.com (22/10/2015), Instagram menegaskan bahwa konten yang dibuat di Boomerang bukanlah foto atau format GIF, tetapi sebuah video yang super singkat. Maka dari itu, Boomerang akan lebih ideal jika digunakan untuk menangkap objek yang sedang bergerak.
Video tersebut sebenarnya terbentuk dari sepuluh foto yang dijepret dengan cepat lalu dijadikan satu. Aplikasi Boomerang akan mengatur semuanya, pengguna hanya perlu menyentuh tombol shutter pada layar. Setelah itu, Anda bisa membagikan hasilnya ke Facebook atau Instagram, dan Boomerang juga akan menyimpannya di camera roll.

Pada dasarnya, aplikasi ini bekerja untuk mengisi Instagram dengan reaksi GIF. Perlu diketahui bahwa Instagram Boomerang merupakan aplikasi video spesifik kedua dari Instagram. Karena tahun lalu Instagram juga meluncurkan aplikasi video serupa yang disebut Hyperlapse. Baik Boomerang atau pun Hyperlapse, keduanya sama-sama tidak terintegrasi ke dalam aplikasi utama Instagram. Aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa dengan Boomerang antara lain Google Photo dan Phhhoto yang telah melampaui 1 juta pengguna pada Maret lalu. Boomerang dari Instagram saat ini sudah tersedia di App Store dan Google Play secara cuma-cuma.