ArenaLTE.com – Guna menambah daya tarik pada fiturnya, Instagram merasa perlu untuk meracik beragam keunggulan dari jejaring sosial lain, seperti Snapchat dan Twitter. Salah satu wujudnya dengan menyuguhkan channel video khusus berbasis tema-tema tertentu yang sedang populer.

Jika Anda yang berada di Amerika Serikat dan membuka aplikasi Instagram pada hari Sabtu lalu, maka akan terlihat menu baru di atas feed dengan tajuk “Watch Halloween’s Best Videos.” Mengklik pada menu baru tersebut membawa Anda ke konten baru video yang dikuratori oleh tim Instagram. Feed video di Instagram ini menyajikan koloborasi foto berdasarkan momen ke dalam video.

instagram-halloweenIde dari fitur ini tak lain untuk mengambil beberapa konten Instagram populer di beberapa acara tertentu dan membuatnya untuk lebih mudah ditemukan. Instagram tidak sendirian dalam upaya ini. Snapchat menjadi aplikasi pertama yang menghadikan fitur Live Stories, koleksi konten Snapchat dirangkum dari acara-acara seperti konser dan permainan olahraga. Kemudian Twitter juga merilis fitur Moments awal bulan ini, fitur serupa yang mengkompilasi tweet di sekitar peristiwa tertentu menjadi satu kurasi cerita.

“Fitur baru ini merupakan cara untuk mengalami event, momen besar, langsung saat terjadi, lewat mata komunitas Instagram,” ujar Gabe Madway, seorang juru bicara Instagram, kepada re/code (31/10/2015). Jika sebuah potongan video selesai diputar, video berikutnya otomatis dimainkan. Namun pengguna juga bisa mengusap deretan video itu dan kemudian mengklik layar untuk mulai memainkannya dari awal. Fitur ini nampaknya akan meningkatkan “Likes” video yang dikurasi.

Latar belakang hadirnya fitur Live Stories terkait kebiasaan orang yang suka bicara dan berbagi apa yang mereka lakukan secara offline pada setiap platform masing-masing, tetapi pada kenyataan sulit untuk mengatur itu semua. Dengan membawa konten populer disekitaran acara offline tertentu, juga dapat memberikan perusahaan-perusahaan ini kesempatan pendapatan baru dalam bentuk sponsorship merek dan iklan acara khusus. Hadirnya fitur baru ini tentu tak menjadi masalah besar bagi Instagram.

Kedepan Instagram akan terus mengembangkan fitur-fitur serupa. Sebelumnya Instagram juga telah merombak fitur pencarian agar pengguna lebih mudah menemukan konten dengan topik spesifik.