ArenaLTE.com – Operator satelit asal Inggris Inmarsat dikabarkan telah bergabung dengan Lora Alliance dalam proyek pengembangan IoT (Internet of Things) global berbasis low-power wide area networks (LP-WAN). Dalam proyek ini Inmarsat akan memberikan Lora Alliance dengan konektivitas armada satelit guna memungkinkan penyebaran solusi IoT di setiap daerah.

Seperti dikutip dari Telecomasia.net (11/2/2016), Lora Alliance punya rencana untuk membakukan platform LP-WAN pada teknologi IoT, M2M (machine to machine), smart city, dan aplikasi untuk kebutuhan industri. Anggota aliansi dari beberapa perusahaan telekomunikasi menawarkan jaminan interoperabilitas antara operator melalui plaffom global yang bersifat terbuka dalam standar LoRaWAN (Long Range Wide Area Network).

Di dalam Lora Alliance anggotanya mencakup operator multinasional, vendor, system integrator, produsen sensor dan perusahaan start-up. Sebagai contoh perusahaan asal India Tata Communications menggunakan standar ini untuk membangun apa yang mereka mengharapkan pada jaringan IoT terbesar di dunia.

“Bergabung dengan Lora Alliance adalah cocok bagi adaptasi solusi satelit Inmarsat, portofolio kami dalam layanan M2M, didukung oleh jaringan global telah lama digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan M2M pelanggan di sejumlah pasar vertikal, powering Internet untuk solusi di seluruh dunia,” ujar Presiden Inmarsat Greg Ewert.