ArenaLTE.com – Spotify mengumumkan daftar tahunan yang berisi artis, album, lagu, dan momen terpopuler yang membuat tahun 2016 menjadi tahun yang luar biasa dalam musik. Dan, ternyata artis yang paling populer untuk Spotify global adalah Drake, sementara The Chainsmokers menguasai Indonesia.

“Tidak ada yang bisa menghentikan Drake tahun ini – dia benar-benar seorang superstar dunia” ucap Stefan Blom, Chief Content & Chief Strategy Officer Spotify. “Meraih album dan lagu terpopuler tahun ini serta tur Summer Sixteen-nya yang sukses, Drake terus terlibat dengan penggemarnya dengan caranya sendiri; tidak heran bahwa ia mendominasi industri musik”

spotifyDi tahun 2016 penggemar juga menemukan kemunculan musik dan artis baru yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. ZAYN menjadi artis pendatang baru terbaik, dan Discover Weekly telah didengar lebih dari 9 milyar kali tahun ini.

Meskipun menjadi artis terpopuler di dunia untuk dua tahun berturut-turut, Drake tidak berhasil menduduki tahta musik Indonesia di tahun 2016. Tahun ini, musik di Indonesia didominasi oleh DJ-duo The Chainsmokers, dan diikuti oleh Coldplay, dan Twenty One Pilots.

Tidak hanya menjadi artis terpopuler tahun ini, 2 lagu dari The Chainsmokers juga menjadi lagu yang paling sering didengar oleh Indonesia:  ‘Closer ’  dan  ‘D on’t  L et  Me D own ’ . Kemudian DJ Snake dan Adele menduduki posisi teratas daftar artis pria dan wanita terbaik tahun ini.

Bisa dilihat di bawah untuk rincian lengkap dari peringkat dan tren musik tahun ini dan kunjungi ‘Wrapped 2016’ pada spotify.com/2016 untuk playlist terbaik di tahun 2016, playlist ulasan tahunan, video, dan masih banyak lagi.

Spotify Indonesia Year in Music 2016

Artis Terpopuler:

  1. The Chainsmokers
  2. Coldplay
  3. Twenty One Pilots
  4. DJ Snake
  5. Adele

5 Artis Pria yang Paling Sering Didengar:

  1. DJ Snake
  2. Shawn Mendes
  3. Tulus
  4. Major Lazer
  5. Drake

Lagu yang Paling Sering Didengar:

  1. Closer – The Chainsmokers
  2. Don’t Let Me Down – The Chainsmokers
  3. Cold Water (feat. Justin Bieber & MØ) – Major Lazer
  4. Let Me Love You – DJ Snake
  5. This Is What You Came For – Calvin Harris

Spotify Global Year in Music 2016

Artis yang Paling Sering Didengar

Selama dua tahun berturut-turut, Drake menjadi artis yang paling sering didengarkan di dunia dengan lebih dari 4,7 milyar kali didengarkan tahun ini, melebihi rekor tahun lalu sebanyak 1,8 milyar kali. Kenyataannya, Drake adalah artis yang paling sering didengar sepanjang waktu di Spotify dengan lebih dari 8,7 milyar kali didengarkan.

Berikut adalah 5 artis terbaik di tahun 2016:

  1. Drake
  2. Justin Bieber
  3. Rihanna
  4. Twenty One Pilots
  5. Kanye West

Lagu yang Paling Sering Didengar

One Dance oleh Drake membuat sejarah tahun ini dengan menyalip pemenang tahun lalu Lean On oleh Major Lazer (ft. MØ and DJ Snake), sebagai lagu terpopuler di Spotify dengan lebih dari 970 juta kali dimainkan.

  1. One Dance (feat. WizKid and Kyla) – Drake
  2. I Took A Pill in Ibiza – Seeb Remix – Mike Posner
  3. D o n’t Let M e Do wn (feat . Daya)  – The Chainsmokers
  4. Work (feat. Drake) – Rihanna
  5. Cheap Thrills – Sia