ArenaLTE.com – Bila selama ini Edward Snowden telah banyak mengumbar informasi yang mampu menciptakan polemik dan kontroversi tingkat dunia. Kini giliran Edward Snowden yang memberi rujukan, aplikasi anti penyadapan karena aman digunakan dan tidak bisa disadap oleh siapapun.

Dikutip dari theverge.com ada beberapa aplikasi anti penyadapan yang mudah digunakan, gratis dan program yang bisa membantu melindungi privasi online Anda. Edward Snowden mengatakan, siapapun bisa menggunakan aplikasi aman tersebut.

Banyak hal yang nyatanya mampu disadap oleh NSA (National Security Agency), lembaga keamanan nasional milik pemerintah AS. Termasuk jalur komunikasi yang disebut-sebut aman pun toh terbukti bisa ditembus NSA, itulah yang diungkapkan oleh Edward Snowden, mantan kontraktor NSA yang telah membelot dan kini menetap di Rusia.

Snowden tampil dalam sebuah telekonferensi di event yang digelar oleh Ryerson University dan Canadian Journalists For Expression (CJFE). Event tersebut meluncurkan database online kompilasi semua rilis publik dokumen Snowden. Snowden menjelaskan, dirinya hampir tidak menggunakan aplikasi atau tools apapun yang dianggap sensitif. “Saya hampir tidak menyentuh komunikasi untuk apapun yang dapat dianggap sensitif karena itu sangat berisiko,” ungkap Snowden.

aplikasi anti penyadapan edward snowdenLebih lanjut ia mengatakan, pengguna harus memastikan komunikasi terlindungi dalam perjalanan. Snowden merekomendasikan penggunaan program dan aplikasi yang menyediakan enkripsi end-to-end untuk pengguna. Menurutnya, program dan aplikasi yang aman memungkinkan komputer pada setiap akhir transaksi dapat mengakses data, tetapi tidak melibatkan perangkat lain di tengah perjalanan data tersebut. Agar aman, informasi jangan disimpan tanpa enkripsi di server third-party.

“SpiderOak tidak memiliki kunci enkripsi untuk melihat apa yang Anda upload,” tutur Snowden. Pria berkacamata itu mengatakan, SpiderOak direkomendasikan ketimbang program berbagi file seperti Dropbox. “Anda tidak perlu khawatir tentang mereka menjual informasi Anda kepada pihak ketiga, Anda tidak perlu khawatir tentang mereka memberikan informasi kepada pemerintah,” jelasnya.

Untuk iPhone, lanjutnya, ada aplikasi anti penyadapan bernama Signal dan aplikasi ini dianggap aman. Ia juga merekomendasikan RedPhone, yang memungkinkan pengguna Android membuat panggilan telefon terenkripsi dan TextSecure, aplikasi pesan private oleh Open Whisper Systems.

Snowden menambahkan, aplikasi anti penyadapan yang disebutkan itu tidak melindungi dari asosisasi metadata tetapi aplikasi tersebut memiliki proteksi terkuat bagi konten pengguna. Aplikasi tersebut bisa melindungi konten Anda dari aksi intersepsi dalam perjalanan data.