ArenaLTE.com – Sejak dibentuk pada tahun 2012, Samsung Creative Lab (C-Lab) menjadi sebuah laboratorium rahasia yang mengembangkan inovasi teknologi Samsung. Melalui C-Labs ini, para pegawai Samsung dapat mengembangkan ide bisnis mereka sendiri. Setidaknya sudah ada lebih dari 100 proyek rahasia yang sedang dikembangkan dan 70 proyek sudah berhasil dan 40 proyek lainnya masih dalam proses.

Belum lama ini, perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan tiga proyek rahasia inovasi teknologi Samsung di South by Southwest (SXSW) 2016, sebuah ajang tahunan teknologi dan musik. Ketiga proyek rahasia tersebut diantaranya yaitu aplikasi canggih yang mentranskripsi melodi bersenandung dalam skor musik, Sebuah platform media sosial terbaru buatan Samsung dan aksesori virtual reality (VR) 4D, yang memungkinkan pengguna untuk merasakan gerakan on screen action.

Seperti yang dilansir oleh situs reminya, ketiga proyek rahasia inovasi teknologi Samsung ini masih dalam tahap pengembangan, ketiganya diperlihatkan untuk mendapatkan reaksi dan tanggapan pasar, bukan mustahil jika respon pasar cukup baik akan segera diluncurkan tahun ini.

Inovasi Teknologi Samsung 2016 1Aplikasi Hum On! Mengubah senandung suara kita menjadi Notasi Musik
Salah satu Proyek Rahasia Inovasi Teknologi Samsung adalah Hum On! Aplikasi ini akan mengubah suara yang kita senandungkan jadi sebuah lagu lengkap dengan notasi musiknya. Hanya cukup menekan tombol rekam dan kemudian bersenandung dalam beberapa bar, aplikasi ini akan mengubah vokal jadi notasi musik, dan memutarnya kembali dengan format rekaman layaknya MIDI.

Bahkan jika kita tidak memiliki bakat yang cukup baik dalam menyanyi, aplikasi ini akan tetap memberikan penyesuaian yang baik pada musik yang dihasilkan. Kita juga dapat mengedit lagunya dengan kembali bersenandung, jika anda merasa kurang puas dengan beberapa not yang dihasilkan. Selain itu kita juga bisa memilih genre musik yang kita buat, seperti misalnya Jazz, RnB, atau Rock.

Belum ada konfirmasi kapan aplikasi ini akan diluncurkan. Diharapkan aplikasi ini juga tidak hanya akan tersedia untuk handset-handset Galaxy dari Samsung, namun juga secara gratis di Playstore maupun AppStore.

Inovasi Teknologi Samsung 2016 3Aplikasi Waffle, Sosial Media Buatan Samsung
Seperti dikutip dari laman resmi Samsung, Waffle kebih digambarkan sebagai sebuah platform daripada media sosial. Waffle ini menawarkan layanan berbeda dan baru yang menawarkan berbagai sudut pandang yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah cerita kolaboratif. Misalnya jika kita memposting sebuah foto berisi ucapan ulang tahun, make teman-teman lain bisa menambahkan image atau ucapan versi mereka di samping image pertama kita. Tak hanya image, video ataupun doodling juga bisa ditambahkan.

Dalam satu tema, terdiri sembilan foto yang dapat diposting. Jika sudah lengkap maka foto kolaborasi tersebut akan menampilkan suatu cerita tersendiri dari sudut pandang yang berbeda sehingga lebih menarik. Hal tersebut sesuai dengan visi Samsung untuk membuat Waffle sebagai media sosial yang berbeda.

Di satu sisi, Waffle memiliki cara unik menghubungkan orang. Namun di sisi lain, mekanisme Waffle pun menimbulkan risiko tampilan visual yang tak indah. Misalnya jika orang lain ikutan menambahkan foto yang tidak sesuai malah akan membuat cerita dan tampilan tidak berkesan. Saat ini Waffle baru tersedia dalam versi beta untuk Android, namun belum ada kepastian kapan aplikasi akan diluncurkan secara resmi.

Inovasi Teknologi Samsung 2016 5Entrim 4D: Headset VR Canggih Yang Membuat Kita Juga Bisa Merasakan
Perangkat Entrim 4D ini merupakan sebuah headphone khusus yang dirancang untuk menemani headset Gear VR. Dengan menggunakan Entrim 4D dan VR bersamaan maka kita akan merasa tubuhnya seolah-olah sedang bergerak mengikuti pergerakan di video yang tengah ditampilkan. Perpaduan Entrim 4D dan Gear VR ini akan memberikan pengalaman 4D kepada penggunanya tanpa harus duduk dan berada di kursi khusus yang bisa bergerak-gerak seperti yang ada pada teater 4D umumnya.

Inovasi Teknologi Samsung 2016 6Seperti berita yang dilansir resmi samsung dijelaskan bahwa setidaknya ada sekitar 30 gerakan berbeda yang bisa kita rasakan ketika menggunakan perangkat ini. Bahkan Entrim 4D bisa disambungkan dengan sebuah drone dimana nantinya data pergerakan drone akan diteruskan menuju headphone sehingga kita akan merasa sedang terbang. Samsung Entrim 4D ini masih dalam tahap pengembangan dan diyakini kolaborasi perangkat ini akan menjadi teknologi masa depan teknologi virtual reality.