ArenaLTE.com – Menggandeng Bursa Efek Indonesia (BEI), Indosat  menggelar program yang melatih mahasiswa untuk menjadi investor muda. Program bertajuk Indosat Stock Trading Contest (ISTC) ini diklaim berhasil menjaring 8.819 peserta yang diambil dari mahasiswa seluruh Indonesia dan 15 di antaranya telah masuk grand final investor muda.

Indosat Stock Trading Contest sendiri adalah program corporate social responsibility (CSR) anak perusahaan Ooredoo Group (Qatar Telecom) tersebut sebagai program kompetisi untuk kaum muda agar bisa melakukan transaksi saham virtual yang diperdagangkan BEI. Hal tersebut diungkapkan untuk menarik minat para pemmua menjadi investor.

“Indonesia sendiri sebenarnya telah memiliki 400 ribu trader. Namun sayang mungkin yang hanya aktif ada 300 ribuan saja. Tetapi, kami berharap dari peserta yang berada kurang dari 9.000 ini bisa menjadi komunikator bagi lainnya,” jelas Alexander Rusli, Direktur Utama Indosat Tbk, di sela acara penyerahan hadiah kepada pemenang, di BEI, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Dirinya menambahkan, Indosat bangga dapat menjadi bagian dari lahirnya calon investor pasar modal Indonesia yang handal dari kalangan muda. Program Indosat Stock Trading Contest ini diharapkan dapat membuat peserta lebih mengenal secara dalam terkait perdagangan bursa saham.

“Dalam program ini juga, peserta akan melalui kegiatan Bootcamp akan membekali para mahasiswa dengan materi seperti mekanisme perdagangan saham, struktur pasar modal hingga analisa fundamental, teknikal dan market update,” tambah Alex menjelaskan.

Dari total peserta yang berhasil diajak gabung adalah hampir mencapai 9 ribu orang. Setelah melalui proses seleksi, terjaring sebanyak 15 orang finalis untuk mengikuti tahap akhir. Para peserta diungkapkan akan kembali disaring berdasarkan penilaian yang meliputi kinerja, keaktifan bertransaksi serta kesesuaian dengan syarat dan ketentuan program.

Kemudian dari 15 orang tersebut dipilih tiga orang pemenang yang diumumkan pada hari ini. Ketiga finalis tersebut memperoleh hadiah. Selain itu, ketiga juara tersebut masing-masing juga memperoleh Rp20 juta dalam bentuk penyertaan modal investasi. Dana tersebut harus digunakan untuk berinvestasi di pasar modal.

“Kami berharap ini bisa memberi inspirasi kepada generasi muda lainnya untuk berkiprah di pasar modal Indonesia, serta membantu membangun keberanian dan pengetahuan, pengalaman dan pembelajaran langsung mengenai investasi meski dijalankan secara virtual,” pungkasnya.