ArenaLTE.com –Di Indonesia solusi pembayaran non tunai memang sedang mengalami pertumbuhan karena masih banyak toko atau retailer yang menggunakan pembayaran dengan uang cash. Demi mendorong penggunaan transaksi non tunai, Indosat Ooredoo meluncurkan solusi penerimaan pembayaran terbaru yang bernama Indosat Ooredoo D-Pay.

Indosat Ooredoo D-Pay ini merupakan layanan keuangan yang memungkinkan bagi merchant (toko) dan pelaku usaha untuk bebas menerima pembayaran mobile. D-Pay berbentuk dongle dan bekerja layaknya mesin EDC. Namun, ukuran D-Pay lebih kecil dari EDC. Adapun, D-Pay berfungsi sebagai alat pembayaran mobile. Indosat

Dengan Indosat Ooredoo D-Pay perangkat mobile milik merchant atau toko dapat berubah menjadi platform pembayaran non tunai yang memiliki berbagai fungsi. Layanan ini juga akan memungkinkan toko atau merchant yang meskipun belum memiliki akses ke sebuah sistem layanan Point-of-Sale (POS) namun dapat menerima pembayaran kartu debit dan kartu kredit menggunakan Mobile Point-of-Sale (mPOS).

Dengan menerapkan D-Pay ini konsumen bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit (Visa, MasterCard, JCB) dan juga eWallet. Penyedia layanan keuangan GoSwiff International ditunjuk sebagai salah satu partner dari sisi teknologi dan bisnis. Indosat Ooredoo D-Pay ini juga menggandeng BNI sebagai channel bank lokal di Tanah Air.

Perubahan ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan dan penjualan karena mendukung semua metode pembayaran terbaru yang ada sekarang ini. Konsumen dan transaksi akan semakin banyak dan berdampak pada peningkatan usaha. Sedangkan dari sisi konsumen pengalaman dan metode pembayaran akan semakin beragam dengan mPOS yang lebih aman dan nyaman.

Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat dalam keterangannya mengungkapkan bahwa D-Pat Indosat Ooredoo ini menjadi produk layanan mobile financial business terbaru. D-Pay ini menjadi pelengkap dari berbagai metode pembayaran digital yang sebelumnya sudah pernah diluncurkan seperti layanan eWallte, Dompetku, pembayaran eCommerce, transfer uang domestik dan internasional.

Di sisi lain kehadiran solusi pembayaran mobile Indosat Ooredoo D-Pay ini akan sangat membantu bagi perusahan e-commerce. D-Pay ini merupakan jawaban untuk pelaku usaha skala kecil dan menengah yang membutuhkan metode pembayaran alternatif tanpa harus khawatir terbentur standarisasi perbankan.

Layanan D-Pay ini akan mengurangi biaya transaksi dan logistik para pelaku usaha dan akan meningkatkan usaha. Selain itu layanan D-Pay ini juga dilengkapi dengan paket data, paket nelepon dan paket SMS yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi para pelaku usaha.