ArenaLTE.com – Indosat Ooredoo pekan ini meluncurkan layanan internet kabel (fixed broadband) untuk pengguna rumahan yang diberi nama GIG. Layanan anyar operator telekomunikasi mengandalkan teknologi fiber optic (Fiber to the Home, FTTH). Kecepatan aksesnya cukup dahsyat bisa mencapai hingga 1GB per detik untuk download maupun upload.

Menurut Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn di sela-sela peluncuran GIG di Jakarta (18/2/2016), pihaknya mengklaim sudah berhasil mengumpulkan 100 ribu pelanggan hanya dalam waktu 9 bulan sejak layanan ini beroperasi. Sekedar informasi saja, layanan GIG sudah digeber sejak kuartal kedua tahun lalu, namun baru peresmiannya baru dilakukan.

arenalte-8771Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo menuturkan bahwa layanan ini sudah diperkenalkan ke apartemen dan gedung-gedung sebenarnya. Nah, dalam peresmian kali ini, pihaknya bekerjasama dengan Google dengan bundling.

Namun, coverage layanan ini masih relatif terbatas di kota-kota tertentu saja. Indosat Ooredoo baru menyediakan GIG di sebagian wilayah kota Jabodetabek dan Bandung. Lebih jauh, Gokarn menambahkan jika Indosat Ooredoo akan melakukan perluasan ke berbagai kota besar seperti Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Bali. “Ada 10 sampai 20 kota sampai akhir tahun ini,” ujarnya.

Layan GIG ini sendiri ternyata turu menggandeng Google sebagai mitra kerja. Indosat Ooredoo fan Google menawarkan sejumlah bundling khusus untuk pelanggan GIG. Antara lain paket bundling seperti penyediaan dongle Google Chromecast untuk keperluan video streaming, seperti YouTube dari ponsel ke TV, juga laptop Google Chrome.

Pelanggan GIG juga mendapatkan bundling ruang penyimpanan gratis sebesar 50 GB di layanan cloud storage Google Drive. Layanan Indosat Ooredoo ini ditawarkan dengan beberapa paket tarif, mulai Rp 250.000 hingga Rp 5,5 juta per bulan yang dibedakan berdasarkan kecepatan akses, dari 5 Mbps hingga 1 Gbps dan tanpa FUP (fair usage policy).