ArenaLTE.com – Tak bisa dipungkiri lagi, dengan pesatnya kemajuan teknlogi sekarang ini perilaku masyarakat mulai beralih ke ranah digital. Bahkan menurut survei rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama 4 jam setiap harinya untuk memegang gadget. Karena hampir semua aspek kehidupan bisa dilakukan dengan gadget termasuk membaca.

Budaya membaca di Indonesia masih cukup tinggi namun sarana membaca sulit diperoleh. Dengan kemajuan teknologi yang sudah ada, Indosat mencoba mendorong budaya membaca di Indonesia dengan menghadirkan buku-buku digital melalui layanan Cipika Bookmate.

Hal tersebut diungkapkan oleh Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat ketika memberikan donasi berlangganan Cipika Bookmate selama satu tahun kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Indonesia Menyala.

“Membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Indosat sebagai perusahaan digital telco, ingin memperkenalkan cara baru membaca buku secara mobile melalui Cipika Bookmate. Kami berharap dengan semakin mudahnya membaca buku secara digital, masyarakat Indonesia akan lebih banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan,” ungkap Alex.

Cipika Bookmate adalah layanan aplikasi buku digital yang menyajikan konsep berlangganan layaknya perpustakaan dengan membayar satu kali dan bisa membaca sepuasnya. Disediakan lebih dari 500 ribu judul internasional dan 4 ribu judul lokal yang bisa diakses melalui ponsel maupun desktop meskipun tanpa koneksi internet.
Baca juga: Indosat Berikan Internet Gratis Bagi Pedagang Pasar Tradisional

cipika bookmate indosatDonasi ini sebagai bagian dari program CSR Indosat dan bentuk dukungan Indosat terhadap Hari Gerakan Membaca Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Indosat memberikan berlangganan Cipika Bookmate secara gratis bagi 200 taman bacaan atau perpustakaan selama 1 tahun. Program ini diberikan untuk anggota Taman Baca Masyarakat yang merupakan bagian dari “Gerakan Indonesia Membaca”. Gerakan tersebut dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong minat baca.

Selain itu, Indosat juga memberikan secara gratis Cipika Bookmate bagi 100 pengguna selama satu tahun untuk Indonesia Menyala. Ini adalah gerakan meningkatkan minat baca yang awalnya diinisiasi oleh para relawan untuk mendukung kegiatan Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar di daerah penempatannya.

Pada kesempatan yang sama,  Indosat juga mengumumkan kerjasama dengan Aksaramaya melalui aplikasi MOCO. Aplikasi MOCO merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa yang juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca masyarakat.