ArenaLTE.com – Walaupun lebih banyak menyasar segmen korporat, namun layanan cloud merupakan bisnis yang potensial. Untuk semakin memantapkan posisinya sebagai provider cloud enterprise terkemuka di Indonesia, IndonesianCloud menjalin kemitraan strategis untuk mendukung klien-klien enterprise mereka. Salah satunya belum lama ini ditunjuk sebagai certified cloud and service provider dari Red Hat.

cloud-storage
ilustrasi layanan cloud

Sebagai partner dari tersertifikasi dari Red Hat, IndonesianCloud memberi kesempatan kepada para pelanggannya untuk menggunakan solusi ini dengan skema pay-as-you-go. Skema ini sesuai dengan nature dari cloud computing itu sendiri. Yaitu tidak membutuhkan investasi di depan dan menghilangkan semua risiko finansial bagi bisnis ketika mencoba inisiatif online yang baru. Hal ini juga dianggap sesuai dengan kondisi pasar yang ada, di mana mereka yang paling cepatlah yang memenangkan kompetisi.

Reza Kertadjaja, Chief Operating Officer, IndonesianCloud, menceritakan status Certified Cloud and Service Provider yang diberikan ini adalah hasil dari proses validasi panjang yang dilakukan oleh tim dari Red Hat. Setiap penyedia layanan yang ingin mendapatkan status ini harus memenuhi syarat-syarat pengujian dan sertifikasi yang diperlukan. Itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan sistem yang aman, memiliki skalabilitas, mendukung dan konsisten dalam penggunaan cloud enterprise.

“Dengan berkembangnya cloud computing sebagai bagian penting dalam teknologi enterprise, kami gembira dapat bekerja sama dengan Red Hat untuk memberikan customer solusi teknologi yang memiliki skalabilitas, handal, dan efektif dalam hal biaya. Solusi seperti Red Hat Enterprise Linux dan infrastruktur IndonesianCloud dapat membantu perusahaan untuk menerapkan sistem bisnis strategis, sehingga membantu meningkatkan efisiensi,” ujar Reza.

Dijelaskan lebih lanjut, IndonesianCloud hadir untuk memberikan sebuah solusi dalam menghadapi kendala IT yang dihadapi oleh perusahaan enterprise. Dengan cloud computing, kebutuhan akan teknologi andal untuk operasional bisnis yang berkelanjutan dapat dipenuhi dengan mudah. Misalnya, pemenuhan kebutuhan akan skalabilitas, fleksibilitas dan portabilitas dalam komponen kritis operasional bisnis. Satu hal yang pasti, sistem cloud memang dirancang agar dapat lebih efisien dibandingkan infrastruktur  IT tradisional. Sehingga konsumen bisa lebih fokus pada bisnis utama perusahaan, dan mempercayakan  penanganan sistem IT Anda kepada provider cloud.

Sementara itu Damien Wong, Vice President, General Manager of Red Hat ASEAN mengatakan pihaknya sebagai penyedia solusi open source terkemuka  berharap pelanggan korporat di Indonesia dapat memperolah manfaat dari sebuah ekosistem aplikasi komersial yang besar dan tangguh, yang sudah berpengalaman dan merupakan pemimpin pasar dalam pengelolaan client enterprise linux platform di Indonesia.