ArenaLTE.com – Kemajuan era digital memang berdampak pula pada tumbuhnya pasar UKM. Pun demikian, dorongan dan pemberdayaan kerap dibutuhkan para pelaku usaha pemula/ startup saat ini. Salah satu perusahaan Tanah Air, yakni PT Valdo Investama kini mengembangkan UKM digital yang dijulukinya dengan nama Indonesia@ccess dengan meluncurkan 6 marketplace baru untuk memberdayakan UKM dan Masyarakat Indonesia.

Dalam penjabarannya, pihak perusahaan mengungkapkan bahwa tujuan Indonesia@ccess dibentuk adalah untuk mempercepat an mengakselerasi pertumuhan, dengan memberikan akses kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya sekedar akses pasar, melainkan juga akses pengetahuan, keterampilan, pembiayaan dan teknologi.

Indonesia@ccess memberikan  solusi dan terobosan penting sebagai one stop platform digital yang akan  mewadahi dan menjadi jembatan para pelaku usaha UMKM dan Koperasi (petani, nelayan, pengrajin, pedagang, home industri) di seluruh Indonesia dengan konsumen komoditi lokal dan internasional secara langsung.Indonesia@ccess (1)

“Ini sebuah solusi di tengah-tengah Indonesia yang pada saat ini memerlukan percepatan permbangunan ekonomi dan peningkatan standar kesejahteraan melalui upaya pemberdayaan rakyat. Terlebih ekonomi digital telah merambah secara luas dalam berbagai aspek kehidupan secara global dan mempengaruhi banyak sektor lainnya,” jelas Presiden Direktur Indonesia@ccess, Reza Valdo Maspateila.

Valdo Investama sebagai perusahaan yang merancang platform digital Indonesia@ccess ini, menjelaskan bahwa platform ini adalah one stop yang menyambung mata rantai nilai dari para produsen ke pedagang. Atau pun dari produsen langsung kepada konsumbenya yang terpadu dengan sistem logistik maupun pembayaran online yang tersedia.

Pada diskusi yang digelar di Hotel Kempinsky, Jakarta, Selasa (10/11/2016), Indonesia@ccess menjelaskan bahwa ada beberapa marketplace digital platform yang telah diluncurkannya, seperti Trading@ccess, Travel@ccess, Money@ccess, Education@ccess, Financial@ccess, dan Technology@ccess.

Peluncuran marketplace digital ini, diungkapkan juga sebagai bagian dari penunjang koperasi dan UKM Indonesia untuk memiliki akses pasar, akses teknologi, akses pendidikan bagi peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan masyarakat, serta pembiayaan bagi pengembangan usaha dan akses bagi generasi muda untuk mengembangkan platformdigital inovatif mereka sendiri.

“Maka dengan dasar potensi indikator ekonomi digital dunia dan pasar Indonesia saat ini, kami merasa bahwa percepatan pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengembangan kualitas sumberdaya manusia Indonesia dapat kita lakukan dengan terjun dan membangun digital Indonesia bagi pemberdayaan masyarakat,” jelas Reza.