ArenaLTE.com – Pameran Indocomtech 2015 yang telah resmi dibuka hari ini, Rabu 28 Oktober 2015, memang tak hanya difokuskan untuk sekedar perangkat komputasi berbasis PC saja. Di area pameran seluas 17 meter persegi ini, justru lebih banyak memajang produk mobile, seperti smartphone dan tablet.

Hal ini dikonfirmasi oleh Agus Setiawan, Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Komputer Indonesia (Apkomindo) yang mengungkapkan bahwa di era internet of things transformasi perangkat kian semakin portable yang memudarkan fungsi PC komputer.
Baca: Mengusung Tema Internet of Things, Indocomtech Resmi Dibuka

“Komputer kini dipaksa hanya untuk pengolah data, karena digeser fungsinya oleh smartphone yang sekarang bisa langsung mengakses internet yang dulunya adalah tugas PC,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa tema Internet of things yang digunakan dalam pameran Indocomtech 2015 dianggap telah sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Sehingga penjualan produk komputasi mobile, seperti smartphone dianggap tidak terlalu salah.

“PC tidak mengalami kiamat, tetapi era PC kini sudah menjadi tablet. Perangkat PC Komputer sendiri kini lebih digunakan atau difungsikan sebagai data center,” tambahnya.

Pihak penyelenggara acara Indocomtech, Bambang Setiawan, Project Director Amara Pameran Internasional (API), menambahkan pameran Indocomtech 2015 ini juga diisi untuk produk IT dan komunikasi.

“Dari acara ditargetkan meraup transaksi senilai Rp 650 Miliar, dengan jumlah pengunjung mencapai 250 ribu orang dalam 5 hari,” ungkap Agus.

Dirinya menambahkan, bukan kenaikan target transaksi yang menjadi fokus perusahaan. Tetapi, bagaimana meningkatkan hiburan untuk masyarakat dan bagaimana mengedukasi tentang teknologi terbaru tersebut.

“Target pada tahun lalu sendiri hanya sebesar IDR 640 miliar, lebih kecil dari tahun ini. Karena kami inginkan adalah realistis, karena menaikkan daya beli masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan,” pungkasnya.